Mitsubishi Beberkan Rahasia Suspensi Xforce

VIVA Otomotif: Mitsubishi Xforce
Sumber :
  • Dok: MMKSI

Karawang – Mitsubishi Xforce menjadi salah satu mobil pendatang baru di kelas Compact SUV Indonesia. Kendaraan ini resmi diperkenalkan di pameran otomotif GIIAS 2023, dan keran pemesanan sudah terlebih dahulu dibuka.

Resmi Debut di Auto China 2024, Begini Spesifikasi Jaecoo J7 PHEV

Selain memiliki tampilan yang kental dengan gaya sporty, Mitsubishi Xforce juga mengusung bahasa desain Dynamic Shield terbaru yang memiliki karakter lebih gagah dari versi sebelumnya.

Secara dimensi, Mitsubishi Xforce sedikit lebih besar dari mobil Compact SUV lainnya. Dengan jarak sumbu roda 2,65 meter maka ruang kabin menjadi cukup lega, dan hal itu terbukti ketika masuk ke bagian dalamnya.

Video Pengendara Honda ADV Terjatuh Akibat Potong Jalan Sembarangan

Sesuai dengan penampilannya, kualitas dari jok baik depan maupun belakang patut diacungi jempol karena nyaman dan tidak mudah membuat lelah. Demikian pula dengan ruang kaki jok belakang yang lega.

Mitsubishi Xforce dibekali mesin empat silinder berkapasitas 1.500cc, sementara suspensinya dirancang untuk bisa menjaga mobil supaya tidak limbung saat bermanuver dalam kecepatan sedang maupun tinggi.

Korban Google Maps, Daihatsu Sigra Terjebak di Gang Kecil hingga Susah Keluar

Product Appeal Evaluation Department Mitsubishi Motors, Masahiro Tamura mengatakan bahwa secara umum sistem suspensi Xforce dibuat mirip dengan yang dipasang di Xpander.

VIVA Otomotif: Mitsubishi Xforce

Photo :
  • Dok: MMKSI

“Alasannya, karena Xpander jadi benchmark sebagai kendaraan yang memiliki driving comfort terbaik di kelasnya,” ujarnya di acara Media Test Drive Mitsubishi Xforce di Bridgestone Proving Ground, dikutip VIVA Otomotif Kamis 7 September 2023.

Tamura-san menuturkan, bahwa titik pusat gravitasi Xforce dan Xpander memiliki kesamaan, sehingga untuk suspensi bagian depan pengaturannya dibuat sama.

“Untuk suspensi belakang, karena bobot Xforce lebih ringan 100 kilogram maka suspensi dibuat 20 persen lebih lembut,” tuturnya.

Dengan kombinasi itu dan berdasarkan penghitungan tim insinyur Mitsubishi Motors, maka kenyamanan yang didapatkan dari kedua model tersebut kurang lebih sama meski berada di segmen yang berbeda.

Sebagai informasi, Mitsubishi Xforce hadir dalam dua tipe yang dijual dengan harga Rp382.500.000 untuk Exceed CVT dan Rp419.100.000 untuk Ultimate CVT. Kedua angka berstatus on the road DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya