Mengenal Mada 9, Mobil Kencang Buatan Taliban

VIVA Otomotif: Entop Mada 9, supercar buatan Taliban
Sumber :
  • Instagram Entop

Doha – Di tengah sorotan dunia yang terus terangkat terhadap situasi di Afghanistan, ada sebuah cerita yang mungkin tak terduga: munculnya supercar Mada 9 yang diproduksi oleh perusahaan otomotif Entop yang berbasis di negara yang saat ini dikuasai oleh Taliban.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Meskipun terjadi banyak ketidakpastian selama proses pengembangannya, mobil ini siap untuk membuat debutnya yang spektakuler di Pameran Mobil Internasional Geneva yang akan datang.

Geneva Motor Show adalah salah satu acara otomotif terkemuka di dunia, dan tahun ini akan digelar di Doha, Qatar.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Kamis 21 September 2023, Entop sebagai produsen supercar asal Afghanistan yang baru-baru ini memamerkan prototipe Mada 9 di bawah pemerintahan Taliban, siap menghadirkan kendaraan ini ke dunia.

VIVA Otomotif: Entop Mada 9, supercar buatan Taliban

Photo :
  • Cartoq
C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada awal tahun ini, tetapi informasi tentangnya sempat jarang tersedia. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa Mada 9 akan tampil dalam pameran otomotif tersebut, yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 14 Oktober.

Perjalanan Mada 9 dari Afghanistan menuju Geneva tidaklah mudah. Video perjalanan mobil super ini menyoroti tantangan besar yang dihadapi oleh Entop dan pendirinya, Mohammad Reza Ahmadi, selama proses pengiriman.

Mereka menghadapi masalah birokratis yang melibatkan peraturan hukum yang menghalangi ekspor mobil dari Afghanistan. Meskipun demikian, masalah ini akhirnya terselesaikan, meski belum jelas apakah Taliban memiliki peran dalam penyelesaiannya.

Selain masalah birokrasi, Mohammad Reza Ahmadi juga mengalami kendala finansial. Untuk mengirimkan Mada 9 ke Pameran Mobil Internasional Geneva, dia tidak memiliki dana yang cukup

 Namun, dukungan datang dari berbagai pihak yang berkontribusi sekitar US$100.000, memungkinkan perjalanan mobil ini ke acara bergengsi tersebut.

Ahmadi menjelaskan bahwa kehadiran Mada 9 di Geneva sangat penting bagi masa depan perusahaannya. Meskipun mobil ini masih dalam tahap prototipe, kehadiran di pameran ini dapat membantu mereka menarik investasi yang diperlukan untuk mengembangkan model produksi akhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya