Kemudahan dan Kepraktisan Mobil Listrik Wuling Air ev

VIVA Otomotif: Wuling Air ev
Sumber :
  • Dok: Wuling Motors

Jakarta, 16 Oktober 2023 – Wuling Air ev telah menjadi salah satu pilihan mobil listrik terpopuler di Indonesia. Mobil ini menawarkan berbagai keunggulan, termasuk kemudahan dan kepraktisan penggunaan.

Dihadiri Sederet Bintang Dunia, Segini Harga Tiket Met Gala yang Fantastis

Beberapa konsumen yang telah beralih ke mobil listrik Wuling Air ev memberikan testimoni positif tentang kemudahan dan kepraktisan penggunaannya.

"Saya biasa ngecas di rumah dan di SPKLU. Hemat, karena harganya lebih murah dari isi bensin," ujar seorang pengguna Wuling Air ev, Dio dikutip VIVA Otomotif dari laman Instagram @komunitaswevi.

Daftar Harga Pangan 7 Mei 2024: Beras Turun, Daging Ayam hingga Gula Naik

VIVA Otomotif: Wuling Air ev

Photo :
  • Dok: Wuling Motors

Wuling Air ev menawarkan kemudahan pengisian daya yang bisa dilakukan di rumah atau di tempat umum. Untuk pengisian daya di rumah, Wuling menyediakan charging box yang dapat dipasang di rumah dan ada juga charging gun yang menjadi perangkat bawaan.

Harga Emas Hari Ini 7 Mei 2024: Produk Antam dan Global Kompak Kinclong

Pengisian daya di rumah hanya membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 8 jam, untuk mengisi daya dari nol hingga 100 persen. Untuk pengisian daya di tempat umum, Wuling Air ev juga dapat melakukan pengisian di stasiun pengisian daya (SPKLU). Saat ini, sudah banyak tersedia di berbagai wilayah.

Wuling Air ev di GIIAS 2023

Photo :
  • Arianti Widya

Selain itu, biayanya pun murah, sebagai gambaran tarif listrik rumah tangga berdaya 2.200W ialah Rp1.444,70. Maka untuk sekali pengisian penuh Air ev tipe Long Range dengan baterai berkapasitas 26,7 kWh (1.444,70 X 26,7) hasilnya sekitar Rp38 ribuan. Tentunya biaya tersebut sangat terjangkau jika dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak dengan harga bensin saat ini.

Jika sedang berada di luar rumah, pengguna juga dapat memanfaatkan fasilitas SPKLU. Dengan harga Rp2.467 per kWh, pengisian hanya menelan biaya maksimal Rp65 ribuan.

Mobil bebas emisi juga bebas ganjil genap di DKI Jakarta. Biaya perawatannya juga relatif murah. Menurut Wuling, biaya perawatan berkala untuk mobil listrik Wuling Air ev hanya sekitar Rp3,9 juta hingga jarak tempuh 100 ribu kilometer atau 5 tahun.

Wuling Air ev juga telah menjadi kendaraan resmi para delegasi KTT Asean, KTT G20 dan KTT AIS Forum. Hal ini menunjukkan bahwa mobil listrik tersebut memiliki kualitas dan fitur yang mumpuni. Baterainya menggunakan lithium ferro-phosphate yang sudah disertifikasi IP67, sehingga tahan air dan debu.

VIVA Otomotif: Wuling Air ev

Photo :
  • Dok: Wuling Motors

Selain desain yang sederhana dan mudah dioperasikan, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang memudahkan pengemudi, seperti Wuling Indonesian Command (WIND) dan Wuling Remote Control App via Internet of Vehicle.

Kehadiran IoV memungkinkan pemilik mobil listrik Wuling Air ev untuk mengontrol mobil dari jarak jauh, seperti membuka kunci pintu, menyalakan mesin, dan menyalakan AC.

Wuling Air ev dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, seperti 2 airbag, ABS, EBD, ESC, EPB, AVH, ISOFIX, Sound Module for Pedestrian Warning, TPMS, Rear Parking Sensor & Camera, Immobilizer, dan Anti Theft Alarm.

Motor listrik yang dipasang memiliki tenaga sebesar 30 kW, sementara torsinya sebesar 110 Nm. Tenaga disalurkan ke roda belakang, melalui transmisi single reduction gear yang sederhana dan efisien.

Wuling Air ev tersedia dalam tiga varian, yaitu Long Range, Standard Range, dan Lite. Harga Wuling Air ev mulai dari Rp188.900.000 (Lite), Rp222 jutaan (Standard Range), dan Rp273,5 jutaan (Long Range). Semua berstatus on the road DKI Jakarta dan termasuk insentif PPN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya