Anindya Bakrie Terpesona Lihat e-Chips Mobil Balap Listrik Formula E

Anindya Bakrie Saksikan Gelaran Formula E
Sumber :
  • VIVA

Dubai, 1 Desember 2023 – Komisaris Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) Anindya Novyan Bakrie merasa terpukau saat melihat "isi" dari mobil balap listrik Formula E milik tim Envision Racing

Oxford United Pastikan Tiket ke Partai Playoff Menuju Divisi Championship

Mobil balap listrik ini terpampang di acara Conference of the Parties 28 (COP 28) yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab. 

"Bertemu dengan mobil balap listrik @fiaformulae milik Tim @Envisionracing mitra @Vktr_Indonesia di lobby pertemuan COP 28, di Dubai," tulis Anindya di akun resmi Instagram pribadi @Anindyabakrie, dikutip VIVA Otomotif

Indonesian Economy Has Strength to Face Middle East Crisis

"Mobil balap listrik ini ketika dilucuti terlihat jelas jeroannya ada begitu banyak electronic chips (e-chips)," tambahnya. 

Anindya Bakrie: Ekonomi RI Kuat Hadapi Krisis Timur Tengah

Komisaris Utama VKTR ini mengungkapkan rasa kagum saat melihat mobil balap listrik, yang memiliki banyak chips di dalamnya. 

"Ini menarik, waktu kita lihat di Indonesia kelihatannya kayak Formula 1 biasa ternyata (mobil balap) banyak sekali chips nya," ucapnya. 

Menurut Anindya Bakrie, jumlah chip yang digunakan di setiap mobil balap pasti berbeda-beda tergantung dari rancangan setiap tim. 

"Tapi yang pasti terdiri dari Engine Control Unit (ECU) yang jadi otaknya, Battery Management System (BMS), Data Acquistion Systems, Telemetry Systems, Driver Interface Systems, Power Electronics, dan lain-lain yang semuanya mengatur performa dan keamanan mobil," kata Anin. 

Mobil balap Envision Racing

Photo :
  • Instagram of Envisionracing

"Juga efisiensi energi yang menjadi satu jurus kunci pemenangan lomba balap Formula E," lanjutnya. 

Pada umumnya, Anin mengungkapkan sebuah mobil Formula One memiliki lebih dari 100 jenis chip sederhana hingga kompleks tetapi Formula E memiliki jauh lebih banyak karena sistem manajemen daya listriknya. 

"Memang suaranya tidak kayak Formula One, tetapi teknologinya nggak kalah," kata Anin. 

Ia juga membandingkan chip-chip yang disematkan di mobil balap listrik Formula E dengan di Bus.

"Kalau misalnya di bus aja ada 3,000 chips, Formula E mungkin nggak kalah," kata Anindya. 

Anindya Bakrie tidak hanya terpesona dengan jumlah ribuan electronic chips, tetapi juga mobil balap listrik Formula E milik Tim Envision Racing memiliki desain aerodinamis yang mengagumkan. 

"Setiap lekukan dan detailnya dirancang untuk memaksimalkan efisiensi dan kecepatan. Dalam balapan Formula E, teknologi bertemu dengan keindahan," ungkap Anindya. 

"Inilah masa depan balapan yang canggih, ramah lingkungan dan berkelanjutan. Good job Envision Racing karena ada di COP 28," tutup Anindya Bakrie. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya