Chery Targetkan TKDN Mobil Listrik Omoda E5 Tembus 40 Persen

Omoda E5
Sumber :
  • Arianti Widya

Bekasi, 3 Desember 2023 – PT Chery Sales Indonesia (CSI) memastikan jika mobil listrik terbarunya, Omoda E5, siap dikirim ke konsumen pada semester pertama tahun 2024.

Mobil listrik berjenis SUV ringkas ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Agustus 2023, tepatnya saat ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS).

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Harry Kamora selaku Vice President PT CSI menjelaskan, pihaknya tengah berupaya untuk menambah tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dari Omoda E5.

Interior Omoda E5

Photo :
  • Arianti Widya
Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Dia mengatakan jika sejauh ini, nominal TKDN dari Omoda E5 ada di bawah 40 persen alias masih belum mencukupi angka yang dianjurkan oleh Pemerintah.

“Sampai hari ini (TKDN) belum mencapai 40 persen, tadi kan pak Jongkie (Wakil Komisaris Utama PT HIM) bilang, kalau Chery mau bagus TKDN nya harus ditingkatkan,” ucapnya di kawasan pabrik Handal Indonesia Motor, Bekasi, dikutip VIVA Otomotif.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Menurut Harry, penambahan angka TKDN tersebut akan dibantu oleh PT Handal Indonesia Motor (HIM), yang akan bertindak sebagai basis perakitan Chery di Indonesia.

“Chery akan menjadikan basecamp nya di sini ya mau gak mau ikut sini kan harus kejar TKDN” kata Harry.

Melalui kerja sama ini, Harry optimistis jika pemenuhan TKDN sebesar 40 persen tidak akan memakan waktu lama, menimbang PT HIM sudah memiliki sepak terjang panjang dalam dunia perakitan mobil.

Omoda E5

Photo :
  • Arianti Widya

“Kalau saya bilang 2024 itu harusnya udah mereka penuhi (TKDN 40 persen). Tahun pertama, mungkin di semester satu,” tambahnya.

Sebagai informasi, CSI secara resmi mengubah nama dari Omoda 5 EV menjadi Omoda E5. Meskipun mobil ini belum memiliki harga resmi, diketahui pemesanan mobil ini sudah mecapai hampir 400 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya