Permudah Konsumen Omoda E5, Chery Segera Bikin SPKLU

Omoda E5
Sumber :
  • Arianti Widya

Bogor, 4 Desember 2023 – PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi memproduksi mobil listrik Omoda E5 atau yang sebelumnya dikenal Omoda 5 EV di fasilitas milik PT Handal Indonesia Motor (HIM) Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. 

Belum Minat Bawa Mobil Hybrid, BYD Masih Fokus Jualan Kendaraan Listrik

Rifkie Setiawan selaku Head of Brand PT CSI mengungkapkan bahwa langkah memproduksi kendaraan listrik Omoda E5 ini untuk menunjukkan komitmen Chery dalam mendukung percepatan elektrifikasi di Tanah Air. 

"Kami ingin menunjukkan komitmen kami mendukung pemerintah dalam proses elektrifikasi. Maka dari itu, kita hadirkan Omoda E5 dan memproduksinya di sini," ujarnya, di sela-sela diskusi bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, dikutip VIVA Otomotif

Ban Hankook untuk Mobil Listrik Diuji Ekstrem, Ini Hasilnya

Mobil listrik Chery Omoda E5

Photo :
  • DOC. Chery Sales Indonesia

Menurut Rifkie, ada konsekuensi saat menjual kendaraan listrik di Indonesia, yaitu kondisi infrastruktur yang masih belum mencukupi. 

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

"Kita dan supplier memiliki komitmen untuk memberikan wall charging tetapi itu masih di proses diskusi," jelasnya. 

"Beberapa vendor saat ini sedang mendiskusikan penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan tujuan untuk mempermudah para pengguna mobil listrik Omoda E5 di Indonesia," tambah Rifkie. 

Rifkie menyampaikan bila nanti fasilitas charging ini telah tersedia, para pengguna Omoda E5 bisa mendatangi diler-diler Chery terdekat. 

"Nanti akan ada satu di diler-diler Chery. Kita masih rencanakan, semua sedang didiskusikan karena menyangkut banyak pihak," katanya. 

Omoda E5

Photo :
  • Arianti Widya

Selain rencana untuk membentuk fasilitas charging, Chery juga telah menargetkan untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) agar bisa mencapai 40 persen atau bahkan lebih sesuai dengan anjuran dari Pemerintah indonesia. 

"Untuk TKDN, kita akan kejar 40 persen di tahun 2024. Kita akan mengikuti regulasi maksimal 60-80 persen. Kita berusaha mencapai target tersebut," ungkap Rifkie. 

Sebagai informasi, Omoda E5 telah diperkenalkan untuk pasar Indonesia pada Agustus 2023 lalu, saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) berlangsung. 

Meskipun belum ada kepastian harga dari mobil SUV ini, diketahui pemesanan Omoda E5 sudah mencapai hampir 400 unit. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya