Impresi Berkendara Mitsubishi Xforce di Joglosemar

Test drive Mitsubishi Xforce
Sumber :
  • Dok: MMKSI

Solo – Mitsubishi XForce yang resmi diluncurkan beberapa waktu lalu, dalam waktu tidak terlalu lama telah mengantongi sekitar 5.000 lebih Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Mobil compact SUV ini menawarkan ragam fitur canggih dan tenaga yang tangguh. 

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan kesempatan para media, termasuk VIVA Otomotif untuk test drive XForce di rute plesiran Solo-Semarang-Yogyakarta atau Joglosemar pada 7-9 Desember, 2023. 

Perjalanan hari pertama dimulai dari Kota Solo menuju Semarang, melewati jalan Tol Trans-Jawa. Saat pertama kali membuka pintu, pandangan kami langsung tertuju dengan area kabin yang cukup luas, bahkan untuk pengemudi dengan tinggi 165 cm. 

Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024

Sebelum memulai berkendara, kami mengatur posisi duduk terlebih dahulu. Pada Mitsubishi XForce, pengaturan kursi belum dikendalikan secara electric. Tetapi kendaraan ini telah dilengkapi dengan height adjuster.

Test drive Mitsubishi Xforce

Photo :
  • VIVA/Arianti Widya
Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Dimana pengemudi bisa mengatur ketinggian pada posisi kursi, hal ini membantu kami untuk melihat jalanan dengan jelas tanpa terhalang dashboard ataupun kap mobil. 

Setelah mendapatkan posisi berkendara yang tepat, kami langsung menginjak pegal rem dan memindahkan transmisi CVT ke posisi D. Tidak ketinggalan, menonaktifkan tombol parking brake

Saat menelusuri jalan Tol Trans Jawa, jalur ini sangat cocok digunakan oleh Mitsubishi XForce dengan mesin 1.499 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 77 kW atau sekitar 103 tenaga kuda di putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. 

Suspensi kendaraan ini juga terasa nyaman bahkan ketika melintasi jalanan bergelombang. Mitsubishi XForce memiliki empat mode berkendara yaitu Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Setiap pemilihan mode berkendara akan mengubah respon kemudi, akselerasi dan juga Active Yaw Control (AYC). 

AYC ini akan mengatur perputaran roda sehingga mobil tetap berada di bawah kontrol pengendara. Sedangkan saat mencoba berkendara dengan mode Gravel, respon kemudi terasa lebih berat dibandingkan mode normal.  

Berallih ke interior, Mitsubishi XForce dilengkapi dengan audio system Dynamics Sound Yamaha Premium. Saat pengemudi mencoba audio ini, sensasi berada di konser musik mampu disajikan kendaraan ini.

Test drive Mitsubishi Xforce.

Photo :
  • VIVA/Arianti Widya

Memiliki empat mode suara yang berbeda yaitu Signature, Lively, Powerful dan Relaxing. Fitur ini bisa menyesuaikan tekanan suara dari yang sedang di putar. 

Saat memutar lagu dengan mode powerful, suara lagu terasa lebih menggelegar dibandingkan dengan tiga mode lainnya. 

Pada Mitsubishi XForce juga menyediakan konsol boks di tengah jok depan, yang tidak hanya dijadikan sandaran tangan tetapi juga memiliki fungsi pendingin minuman selama perjalanan. Fitur ini bisa digunakan untuk menjaga suhu minuman agar tetap dingin dan segar. 

Sensasi Duduk di Bagian Kursi Penumpang 

Saat VIVA Otomotif merasakan duduk di bagian kursi penumpang, terasa area ini memiliki ruang kaki dan kepala yang luas. Sandaran kursi belakang bisa diatur kemiringannya, maksimal hingga 33 derajat. Tidak hanya itu, posisi sandaran kepala juga bisa diatur sesuai dengan kenyamanan penumpang. 

Pada bagian belakang, terdapat tempat penyimpanan yang cukup memadai. Ada dua kantong terpisah dibelakang sandaran kursi depan untuk menyimpan aneka dokumen.

Kemudian penumpang juga bisa menaruh minum di bagian bawah pintu mobil, yang muat hingga dua botol. Lalu, di area penumpang ini terdapat dua colokan USB type A dan type C yang berada di tengah.

Tempat menyimpan minum di Mitsubishi Xforce

Photo :
  • VIVA/Arianti Widya

Menariknya, Mitsubishi XForce telah disematkan fitur AC yang sudah dilengkapi dengan Nanoe X, fitur ini diklaim mampu membunuh bakteri dan virus, serta mengurangi bau. 

Penumpang belakang juga bisa mengatur embusan AC ini melalui dua outlet terpisah. Hasil dari review kami, XForce tidak hanya mampu memberikan kenyamanan berkendara untuk pengendara tetapi juga untuk penumpang. 

Sebagai informasi, Mitsubishi XForce secara resmi dipasarkan di Indonesia oleh MMKSI dalam dua pilihan varian dan enam pilihan warna dengan harga on the road (OTR) Jakarta.   

Mitsubishi XForce Ultimate CVT dibanderol Rp412.900.000 dengan pilihan warna Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, dan Red Metallic.  

Mitsubishi XForce Exceed CVT dipasarkan seharga Rp379.900.000 dengan pilihan warna Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, dan Red Metallic. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya