Segini Harga Seken Mobil Termurah di Indonesia

VIVA Otomotif: Ilustrasi bursa mobil bekas
Sumber :
  • Dok: Carsentro Bogor

Jakarta, 14 Desember 2023 – Pasar otomotif Indonesia pernah diramaikan oleh mobil-mobil, yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Dengan dana kurang dari Rp100 juta, masyarakat bisa membawa pulang unit tersebut.

Jeep Rubicon Mario Dandy Bakal Dilelang Lebih Murah Usai Tak Laku, Berapa Harga Bekasnya?

Kendaraan yang dimaksud adalah jenis yang masuk ke dalam segmen Low Cost Green Car alias LCGC. Saat pertama kali diperkenalkan pada 2013, ada beberapa model yang harganya hanya puluhan juta rupiah.

Salah satunya yakni Daihatsu Ayla, mobil berjenis hatchback yang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor. Mode ini mengusung desain yang modern dan stylish, serta memiliki dimensi yang compact.

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

Ayla diluncurkan dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin 1KR-DE berkapasitas 1.000 cc dan mesin 3NR-VE berkapasitas 1.200 cc. Mesin 1.000 cc menghasilkan tenaga 66 daya kuda dan torsi 85 Newton meter, sedangkan mesin 1.200 cc menghasilkan tenaga 87 dk dan torsi 108 Nm.

VIVA Otomotif: Mobil All New Daihatsu Ayla

Photo :
  • Dok: ADM
Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Saat diluncurkan, Ayla langsung disambut baik oleh masyarakat Indonesia. Mobil ini menjadi salah satu mobil LCGC terlaris di Indonesia, dengan total penjualan lebih dari 1 juta unit hingga saat ini.

Ayla generasi pertama memiliki bentuk yang aerodinamis, dengan panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm. Model ini hadir dalam tiga varian, tipe D (terendah), M, dan X (tertinggi).

Pada tipe D, Ayla hadir tanpa sistem hiburan, pelek alloy, AC, kantung udara, power steering, power window, dan spion elektrik. Ayla diproduksi di pabrik Daihatsu yang berdiri di Karawang, Jawa Barat.

Ayla generasi kedua diluncurkan pada tahun 2017 dengan desain yang lebih sporty dan modern. Mobil ini mengusung desain grille yang lebih lebar dan tegas, serta lampu depan yang lebih tajam.

Harga jual Ayla terbaru yakni mulai dari Rp134 juta on the road DKI Jakarta, menjadikannya mobil termurah di Indonesia saat ini.

Dari penelusuran VIVA Otomotif di laman jual beli mobil bekas atau seken online, diketahui bahwa Ayla generasi pertama yang diproduksi pada rentang 2013 hingga 2014 ditawarkan dengan harga Rp60 juta sampai dengan Rp70 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya