Daftar Mobil Listrik Terlaris 2023, Ada Pendatang Baru

Peluncuran MINI Electric di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta, 17 Januari 2024 – Tahun 2023 menjadi tahun yang gemilang bagi pasar mobil listrik Indonesia. Penjualan mobil listrik terus meningkat, menandakan kesadaran masyarakat akan pentingnya kendaraan ramah lingkungan semakin tinggi.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Di antara berbagai merek dan model yang hadir, beberapa pemain berhasil mencatatkan prestasi gemilang dengan menjadi yang terlaris. Berikut daftarnya secara wholesales atau dari pabrik ke diler, dikutip VIVA Otomotif dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo.

Hyundai Ioniq 5 Memimpin Perlombaan

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Hyundai Ioniq 5 di IIMS 2022

Photo :
  • Dok: HMID

Dengan penjualan mencapai 7.176 unit, Hyundai Ioniq 5 keluar sebagai jawara mobil listrik terlaris di Indonesia pada tahun 2023. Desain yang futuristik, performa yang mumpuni, dan sistem pengisian daya cepat menjadi faktor yang turut mendongrak popularitasnya.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Wuling Air ev: Pilihan Kompak dan Terjangkau

Mobil listrik Wuling Air ev.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Di posisi kedua, menyusul dengan jarak yang tidak terlalu jauh, adalah Wuling Air ev. Mobil mungil ini sukses memikat hati konsumen dengan harga yang kompetitif dan kemampuan bermanuver yang lincah di perkotaan. Penjualannya mencapai 5.575 unit, membuktikan bahwa mobil listrik tidak melulu harus berbadan besar dan berbanderol mahal.

Wuling BinguoEV Mencuri Perhatian

Wuling BinguoEV diperkenalkan di Indonesia

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Kejutan selanjutnya datang dari pabrikan yang sama, Wuling. BinguoEV, mobil listrik bergaya retro yang baru diluncurkan pada November 2023, langsung melesat ke posisi ketiga dengan penjualan 1.393 unit. Ini membuktikan bahwa desain klasik yang dipadukan dengan teknologi terkini masih memiliki daya tarik yang besar di pasar Indonesia.

Merek Eropa dan Jepang Mulai Unjuk Gigi

Lexus RZ 450e Luxury dipajang di Lexus Electrified: Aethereum 2.0

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Pasar mobil listrik Indonesia tahun 2023 tidak hanya didominasi oleh merek asal China dan Korea Selatan. Pemain-pemain Eropa seperti BMW iX (615 unit) dan Lexus RZ 450e (206 unit) turut bersaing dengan sengit. Hal ini menunjukkan bahwa segmen premium kendaraan listrik juga mulai berkembang pesat di Indonesia.

DFSK dan Mini Bersinar di Segmen Tertentu

Mobil listrik DFSK Gelora E dipajang di GIIAS 2022

Photo :
  • VIVA Otomotif

Untuk segmen kendaraan niaga, DFSK Gelora E berhasil terjual sebanyak 260 unit, membuktikan bahwa mobil listrik mulai dilirik oleh pelaku bisnis untuk kebutuhan operasional mereka. Sementara itu, Mini Cooper SE Hatch (185 unit) menjadi favorit bagi mereka yang menginginkan mobil listrik mungil dan stylish.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya