Indonesia Jadi Pasar Nomor 1 Mobil BMW Berperforma Tinggi

BMW M3 Competition dan BMW M3 Coupe Competition
Sumber :
  • Dok: BMW

Jakarta, 18 Januari 2024 – Tahun 2023 menjadi periode yang gemilang bagi BMW Group Indonesia, karena mereka berhasil meraih rekor penjualan tertinggi sepanjang masa dengan total 5.063 unit.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Jumlah itu meningkat 35,3 persen dibandingkan tahun 2022, dan pencapaian tersebut diraih berkat kinerja positif dari kedua brand unggulan mereka, BMW dan MINI.

Penjualan BMW pada tahun 2023 mencapai 4.172 unit, tumbuh 38 persen. Tren positif ini ditopang oleh beberapa faktor, di antaranya:

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

1. Minat terhadap kendaraan listrik yang meningkat
BMW iX menjadi model terlaris dengan 587 unit, mengukuhkan posisi BMW sebagai pemimpin di segmen kendaraan listrik premium Indonesia dengan pangsa pasar 60,5%. Kehadiran BMW i7 juga turut melengkapi portofolio kendaraan listrik premium mereka.

BMW iX

Photo :
  • Arianti Widya
Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

2. Segmen Luxury menguat
Model seperti BMW Seri 7 dan BMW X7 mengalami peningkatan permintaan yang signifikan, dengan penjualan Seri 7 naik hampir 3 kali lipat.

3. Kesuksesan seri legendaris
BMW Seri 3 dan BMW X5 tetap menjadi favorit pelanggan, mencatatkan penjualan masing-masing 581 unit.

4. Komitmen terhadap elektrifikasi
Sebanyak 17,9 persen dari total penjualan BMW di Indonesia merupakan kendaraan listrik murni, menunjukkan komitmen serius BMW terhadap tren mobilitas listrik.

Divisi sport BMW M GmbH juga menorehkan prestasi dengan penjualan 400 unit kendaraan sport performa tinggi, melonjak 152% dibandingkan tahun 2022.

Angka ini merupakan pangsa penjualan tertinggi di dunia, di mana hampir setiap 1 unit BMW yang terjual di Indonesia merupakan model M High-Performance.

Peluncuran sukses dari berbagai model terbaru, seperti All-New BMW M2, BMW M4 Competition Convertible, dan BMW XM, menjadi faktor pendorong utama.

BMW Group Electric Exhibition 2023

Photo :
  • Dok: BMW Group Indonesia

Di sisi lain, MINI juga tak mau ketinggalan dengan meraih rekor penjualan 891 unit pada tahun 2023, naik 24% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pencapaian ini bahkan membawa MINI masuk ke dalam top 5 besar pertumbuhan penjualan global. Model ikonik MINI 3-Door, termasuk MINI Electric, menjadi yang paling dicari dengan 327 unit, diikuti oleh MINI Countryman rakitan lokal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya