Toyota Sienta Setop Diproduksi dan Dijual di Indonesia

Produksi Sienta di Karawang Plant 2.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

Jakarta, 24 Januari 2024 – Kabar mengejutkan datang dari pabrikan otomotif Toyota, di mana ada salah satu mobil MPV yang mereka setop produksi dan pasarkan di Indonesia. Model yang dimaksud adalah Toyota Sienta..

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Informasi tersebut diutarakan langsung oleh Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bob Azam saat berjumpa dengan awak media di pabrik Karawang, Jawa Barat.

“Sienta enggak produksi lagi ya,” ujarnya ketika menjawab pertanyaan salah satu wartawan, dikutip VIVA Otomotif.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Toyota Sienta yang secara global merupakan generasi kedua, resmi diluncurkan di Indonesia pada April 2016 dalam ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS. Mobil ini tersedia dalam empat varian, yaitu E, G, V, dan Q.

Toyota Sienta Welcab

Photo :
  • TAM
C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Model langsung diterima dengan baik oleh pasar Indonesia. Mobil tersebut menawarkan desain yang unik dan stylish, serta kabin yang luas dan nyaman.

Sienta juga memiliki fitur-fitur yang lengkap, seperti sistem hiburan dengan layar sentuh, kamera parkir, dan sistem keselamatan yang mumpuni.

Salah satu ciri khas model ini adalah pintu sampingnya yang mengadopsi teknik geser. Tujuannya adalah untuk memudahkan akses keluar dan masuk ke dalam mobil, terutama di area parkir yang sempit.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia alias Gaikindo, distribusi Toyota Sienta dari pabrik ke diler terus menurun sejak pertama kali dihadirkan delapan tahun lalu.

Pada awal peluncuran di 2016, jumlah unit yang dikirim ke diler-diler mencapai 17 ribuan unit, namun di tahun berikutnya turun menjadi 14 ribuan unit saja.

Hal yang sama terjadi di 2018, di mana hanya ada lima ribuan unit Sienta yang laku. Tahun selanjutnya, jumlahnya kembali menurun ke angka seribuan unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya