Tim Balap Indonesia Bakal Berlaga di Luar Negeri

Tim Tufflift Racing Australia
Sumber :
  • Instagram Tufflift Racing Australia

Jakarta, 29 Januari 2024 - Tim balap asal Indonesia, BRM Motorsport Touring Car Division memutuskan untuk bergabung dengan tim Tufflift Racing Australia untuk berkompetisi di ajang TCR Australia.

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Keputusan ini diambil setelah Tufflift Racing menawarkan Glenn Nirwan, pembalap BRM TCD, untuk bergabung dengan tim mereka.

Glenn Nirwan yang merupakan Juara Nasional ITCR 3600 Max, akan disandingkan dengan Zac Soutar, juara Formula Ford Australia, dan pembalap reguler TCR Australia.

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

Glenn sendiri menyampaikan bahwa meskipun akan berlaga di Australia, dia tidak akan begitu saja meninggalkan dunia motorsport di Indonesia.

"Saya akan tetap usahakan ikut kejuaraan di Indonesia, meskipun mungkin tidak full series. Mobil Audi RS3 LMS TCR yang di Indonesia tetap akan kita siapkan untuk kejuaraan di Indonesia. Sementara untuk di Australia, kita akan menggunakan unit mobil berbeda dengan tipe yang sama. Selama jadwal balapnya tidak tabrakan," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Selain untuk mengasah skill lebih jauh lagi, tujuan ikut di TCR Australia juga agar BRM TCD bisa membawa nama Indonesia di ajang motorsport dunia.

"Jadi kami bisa campaign tentang TCR Indonesia, menunjukkan bahwa di Indonesia juga ada kejuaran TCR. Harapannya, ke depan nanti bisa terjalin kerja sama antara 2 seri ini," tuturnya.

Komposisi tim BRM TCD sendiri tidak akan mengalami perubahan, di mana Toto Rianto akan berperan sebagai Head Mechanic, sementara Rueben Wong asal Malaysia sebagai Engineer.

"Menurut kami, ini merupakan komposisi terbaik menimbang chemistry yang terjalin sudah sangat baik. Bisa dibilang ini juga salah satu bentuk kerja sama Indonesia-Malaysia," ungkap Team Principal yang juga eks co-driver Glenn selama berlaga di ajang reli, Garindra.

Langkah BRM TCD untuk bergabung dengan Tufflift Racing Australia merupakan langkah besar bagi tim asal Indonesia tersebut untuk go international.

Glenn Nirwan merupakan pembalap Indonesia yang potensial dan memiliki pengalaman di ajang TCR. Keberhasilan BRM TCD di TCR Australia dapat menjadi inspirasi bagi tim-tim balap Indonesia lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya