BYD Siap Kembangkan Bus Listrik di Indonesia

Mobil Komersial BYD
Sumber :
  • Arianti Widya

Shenzen – Perusahaan kendaraan listrik asal Tiongkok, Build Your Dreams (BYD) mengaku siap berkontribusi dalam upaya pengembangan kendaraan komersial listrik seperti bus di Indonesia, sebagai langkah dalam mendukung transformasi transportasi berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Eagle Zhou selaku Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia menyampaikan pihaknya terus melanjutkan diskusi dengan pihak-pihak stakeholders terkait rencana pengembangan bus listrik di pasar Tanah Air. 

Dia menambahkan, satu poin kekhawatiran utama yang melandasi ambisi ini adalah memburuknya kualitas udara di Jakarta, yang turut dipengaruhi pula oleh emisi kendaraan bermotor.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

"Kami sangat mendorong penggunaan transportasi umum berbasis listrik di Jakarta. Kami melihat polusi udara semakin buruk terutama di Jakarta tahun lalu," ujarnya di Shenzen China, dikutip VIVA Otomotif.

Bus Listrik BYD

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik
Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Eagle mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan riset dan pengembangan khusus untuk bisa menghadirkan bus listrik dengan tingkat yang lebih tinggi untuk Indonesia.

"BYD bahkan secara khusus melakukan riset untuk bisa menghadirkan bus listrik dengan tingkat yang lebih tinggi untuk pasar Tanah Air," ungkapnya.

Lebih lanjut, Eagle mengatakan untuk mempercepat realisasi dari transportasi umum berbasis listrik ini, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak lokal.

Adapun, salah satunya dengan PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR). Menurut Eagle, VKTR merupakan rekanan lokal untuk melebarkan sayap di ranah bus listrik Indonesia.

"VKTR merupakan rekanan lokal kami untuk memasuki pasar bus listrik di Indonesia," jelas Eagle.

Sebagai informasi tambahan, VKTR saat ini memang telah memproduksi sejumlah unit bus listrik secara Completely Knocked Down (CKD). Adapun, jenis bus yang digunakan ialah merek BYD tipe D9 high floor.

"Kami berharap tahun ini, elektrifikasi transportasi umum bisa lebih cepat terealisasi agar polusi udara di Indonesia khususnya Jakarta cepat membaik," tutup Eagle.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya