Melihat Lebih Dekat Supercar Harga Rp3 Miliar Milik BYD

BYD Yangwang U9
Sumber :
  • Arianti Widya

Shenzen – Selain memiliki lini passenger vehicle alias kendaraan penumpang untuk segmentasi konsumen luas, Build Your Dreams (BYD) juga memiliki beberapa lini produk premium dan eksklusif.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Salah satu produk tertinggi yang dilansir oleh BYD adalah Yangwang U9, supercar bertenaga listrik murni dengan performa gahar dan tampilan gagah.

Supercar listrik ini diperkenalkan pertama kali di markas besar BYD di Shenzhen pada Januari 2023, namun popularitasnya meroket setelah tampil di pameran otomotif terbesar di dunia, Geneva International Motor Show 2024.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

BYD Yangwang U9

Photo :
  • Arianti Widya


Lebih lanjut, BYD memproduksi massal Yangwang U9 di China pada Februari 2024. Namun kendaraan ini belum dipasarkan secara resmi, sehingga belum diketahui secara pasti tentang spesifikasi detail dari mobil ini.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

"Mobil YangWang U9 ini baru kita perkenalkan saja, belum kita pasarkan resmi. Jadi terkait detail lengkap, belum bisa kita umumkan," jelas Eagle di Headquarter BYD, Shenzen China, dikutip VIVA Otomotif.

Meski belum ada spesifikasi lengkap dari mobil supercar ini, VIVA Otomotif berkesempatan untuk melihat dan mengulik langsung Yangwang U9 di Headquarter BYD, Shenzen untuk mengetahui rincian spesifikasinya secara eksklusif.

Sayangnya, kami belum diperbolehkan untuk melihat lebih jelas interior mobil ini.

Bicara soal bahasa desain, Yangwang U9 tampil agresif namun elegan, terbukti dari kontur bodinya yang penuh lekukan dinamis. Fasia depannya terlihat gahar dengan headlamp berbentuk huruf C dan sedikit mengingatkan pada Lykan Hypersport, Hypercar populer buatan Dubai.

BYD Yangwang U9

Photo :
  • Arianti Widya

Proporsi ukurannya juga terbilang besar, dengan dimensi panjang 4.966 mm, lebar 2.029 mm, tinggi 1.295 mm, dan wheelbase 2.900 mm.

BYD menjelaskan, bahasa desain ini tidak hanya sebagai pemanis mata. Berdasarkan keterangan, terdapat 12 bagian pada bodi yang dibuat secara khusus untuk mendukung aerodinamika aktif atau pasif, untuk menekan coefficient drag.

Membahas soal performa di atas kertas, Yangwang U9 juga terbukti layak menyandang gelar Supercar. Klaim kecepatan maksimalnya adalah 309 kpj dan laju akselerasi 0-100 kpj bisa di raih hanya dalam waktu 2,36 detik.

Beralih ke segi dapur pacu, Yangwang U9 ditenagai Blade Battery yang merupakan baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) khusus racikan BYD.

Kapasitasnya adalah 80.000 watt hour dengan klaim daya jelajah 450 kilometer dalam sekali pengisian penuh.

Selain punya performa tinggi, BYD juga sudah membekali Yangwang U9 dengan teknologi ultra fast charging. Input daya maksimalnya adalah 500 kilowatt, dan proses pengecasan dari 30 persen ke 80 persen hanya dalam waktu 10 menit saja.

Baterai tersebut dikawinkan dengan dual motor dynamo dan platform e34 lansiran BYD. Penggeraknya berjenis All wheel drive, mampu mengeluarkan daya sebesar 1.300 hp dan torsi 450 nm.

Bagi konsumen yang hendak meminang Hypercar BYD ini, banderolnya adalah 1,68 juta yuan China, alias setara dengan Rp3,6 miliar jika dikonversi menggunakan kurs Rupiah-Yuan saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya