Neta Lirik Indonesia Jadi Basis Ekspor Mobil Listrik

Neta V
Sumber :
  • Neta Auto Indonesia

Jakarta – Pabrikan otomotif asal Tiongkok, Neta, mengaku serius dan berkomitmen untuk membantu Pemerintah dalam program elektrifikasi nasional. Upaya ini dibuktikan oleh rencana perusahaan untuk memproduksi lokal mobil listrik Neta pada bulan Mei 2024 mendatang.

Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

Fajrul Ilhami selaku External Affairs and Product Director PT Neta Auto Indonesia mengungkapkan dalam mewujudkan rencana ini, pihaknya bergabung dengan PT Handal Motor Indonesia untuk melokalisasi mobil listriknya.

Neta V

Photo :
  • Dok: Neta Auto Indonesia
BRIN Dukung Industri Kendaraan Listrik Nasional Lewat Pameran IEMS 2024, Catat Tanggalnya

"Kami akan mulai merakit lokal mobil listrik pada bulan Mei nanti di sebuah pabrik produksi, yang memiliki kapasitas 27.000 per tahun," ujar Fajrul dikutip VIVA Otomotif, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Fajrul menyampaikan bahwa nantinya mobil listrik rakitan Indonesia ini tidak hanya untuk pasar Tanah Air, tetapi juga untuk di ekspor ke luar negeri.

Daftar 5 Mobil Listrik Bekas yang Harga Jualnya Tinggi

"Dari jumlah kapasitas produksi tersebut, belum semuanya digunakan. Tapi dengan kapasitas yang ada, sebenarnya masih ada ruang untuk kami masukkan kebutuhan ekspor, bila ada arahan ya,”

Menurut Fajrul, ada kemungkinan jika nanti untuk pasar ASEAN akan di buka segmen market baru, mobil listrik bisa di suplai dari produksi lokal di Indonesia dan bisa juga dari Thailand.

"Jadi bakal ada dua hub, yang bisa menjadi jembatan untuk pasar ASEAN bisa masuk nantinya," kata Fajrul.

Saat ditanya terkait dengan mobil listrik Neta bakal di ekspor ke Australia, Fajrul memastikan rencana tersebut belum ada.

"Tetapi kita tidak menutup kemungkinan untuk hal tersebut (ekspor mobil listrik ke Australia," tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, setelah menghadirkan Neta V, pabrikan mobil listrik ini siap menambah dua mobil listrik baru untuk pasar Indonesia. Dimana salah satunya akan di produksi secara lokal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya