Daftar 5 Mobil Listrik Bekas yang Harga Jualnya Tinggi

VIVA Otomotif: Mobil listrik Tesla Model S di IIMS 2023
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Amerika Serikat, 28 April 2024 – Pasar mobil listrik berkembang pesat, dan begitu pula pasar untuk mobil listrik bekas. Seiring semakin banyak orang yang beralih ke mobil listrik, penting untuk memahami bagaimana nilai jual kembali atau resale value mobil listrik ini bekerja.

BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

Nilai jual kembali mobil listrik dipengaruhi oleh berbagai faktor, beberapa di antaranya sama dengan mobil bensin, dan beberapa lainnya unik untuk mobil listrik.

Berikut adalah beberapa faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan, dikutip VIVA Otomotif dari laman Autoevolution:

Toyota Gak Sejalan dengan Moeldoko, Ini yang Bikin Mobil Hybrid Perlu Insentif

Merek dan Model
Merek dan model mobil listrik tertentu umumnya lebih diminati daripada yang lain, dan ini dapat berdampak signifikan pada nilainya. Tesla, misalnya, adalah merek mobil listrik paling populer di dunia, dan mobil Tesla umumnya memiliki nilai jual kembali yang tinggi.

Mobil listrik Nissan Leaf

Photo :
  • Nissan
Daftar Harga Pangan 10 Mei 2024: Bawang Putih hingga Telur Ayam Naik

Jarak Tempuh
Semakin sedikit jarak tempuh yang dimiliki mobil listrik, semakin tinggi nilainya. Ini karena baterai mobil listrik dapat menurun seiring waktu, dan pembeli mobil listrik bekas umumnya menginginkan mobil dengan baterai yang masih memiliki banyak masa pakai.

Usia
Seperti halnya mobil bensin, mobil listrik kehilangan nilainya seiring bertambahnya usia. Namun, tingkat depresiasi mobil listrik umumnya lebih lambat daripada mobil bensin.

Kondisi
Kondisi mobil listrik juga penting untuk nilai jual kembalinya. Mobil yang terawat dengan baik dan dalam kondisi baik akan dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada mobil yang tidak terawat atau dalam kondisi buruk.

Menurut studi terbaru oleh iSeeCars, berikut adalah lima mobil listrik dengan nilai jual kembali terbaik di tahun 2024:

Tesla Model 3
Tesla Model 3 adalah mobil listrik terlaris di dunia, dan ini juga memiliki nilai jual kembali terbaik. Model 3 mempertahankan 53,3 persen nilainya setelah lima tahun.

Tesla Model X
Tesla Model X adalah SUV listrik mewah, dan ini juga memiliki nilai jual kembali yang tinggi. Model X mempertahankan 44,8 persen nilainya setelah lima tahun.

Tesla Model X.

Photo :
  • Motortrend

Nissan Leaf
Nissan Leaf adalah salah satu mobil listrik paling terjangkau di pasaran, dan ini juga memiliki nilai jual kembali yang baik. Leaf mempertahankan 44,4 persen nilainya setelah lima tahun.

Chevrolet Bolt EV
Chevrolet Bolt EV adalah mobil listrik yang terjangkau dan andal, dan ini juga memiliki nilai jual kembali yang baik. Bolt EV mempertahankan 42,4 persen nilainya setelah lima tahun.

Tesla Model S
Tesla Model S adalah sedan listrik mewah, dan ini memiliki nilai jual kembali yang baik. Model S mempertahankan 40,5 persen nilainya setelah lima tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya