Mobil Hybrid Neta Meluncur di GIIAS 2024, Bisa Jalan Sejauh Ini

Mobil Hybrid Neta Meluncur di GIIAS 2024
Sumber :
  • Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA – PT Neta Auto Indonesia akan meluncurkan dua produk terbarunya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli.

Kedua produk terbarunya itu berjenis SUV (Sport Utility Vehicle), namun berbeda powertrain. Pertama listrik murni berbasis baterai, dan kedua hybrid yang diduga kuat Neta L, atau Range Extended yang sudah dirilis di China.

"Terakhir ada satu lagi yang akan kita perkenalkan di GIIAS,  medium SUV ini hybrid, jadi ada penggerak listrik, dan mesin pembakaran juga," ujar Product Planning Manager PT Neta Auto Indonesia, Jordy Angkawidjaja di Bandung, Jawa Barat, Rabu 10 Juli 2024.

Neta L memiliki panjang 4.770 mili meter, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.660 mm dengan jarak poros roda depan ke belakang 2.810 mm. Sedangkan Neta U panjangnya 4.530 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.628 mm.

Kemudian jarak poros roda depan ke belakang 2.770 mm.Modal ukuran yang lebih besar, membuat SUV itu menjanjikan ruang bagasi lega, dan penumpang baris kedua yang lebih luas dengan konfigurasi dua baris, alias 5-penumpang.

Interiornya menjanjikan kemewahan, dan kenyamanan, sistem hiburannya didukung dua layar sentuh berukuran besar yang tersemat duplex connecting, lalu car refrigerator, dan meja lipat di bangku belakang.

Soal jantung pacunya, Neta L dipersenjatai mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.500cc dengan satu motor listrik sebagai penggerak roda belakang.

Untuk menggerakkan dinamonya berasal dari baterai LFP (Lithium Ferrophosphate) racikan CATL Shenxing yang diklaim bisa menerima daya besar untuk ultra fast charging, dengan jarak tempuh ribuan kilometer.

Melalui keterangan resmi Neta Global, SUV yang punya dua sumber energi itu jarak tempuhnya sejauh 1.070 kilometer, dalam kondisi tangki bahan bakar terisi penuh.

Berdasarkan pengujian CLTC (China Light Duty Vehicle Test Cycle), mobil SUV hybrid itu bisa berjalan sejauh 310 kilometer hanya menggunakan tenaga listrik, dan konsumsi bahan bakarnya 5 liter per 100 km.

Jika berkaca dari hasil pengujiannya, diduga Neta L memiliki sistem hybrid tunggal untuk penggerak roda belakangnya. Seperti halnya Nissan Kicks e-Power, di mana tugas mesin pembakaran hanya menjadi genset yang akan hidup untuk mengisi baterai bukan menggerakkan roda.

Chery Resmikan Diler ke-32 di Indonesia, Cek Lokasinya
BYD meluncur di Indonesia

BYD Ungkap Rencana Pengembangan EV di Indonesia

Manufaktur EV BYD juga melihat potensi pembuatan pabrik baterai dan ungkap rencana pengembangan lebih jauh di pasar Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Juli 2024