BMW Cemaskan Industri Mobil Bakal Ketergantungan Baterai Asal China Jika Hal Ini Terjadi

Logo BMW
Sumber :
  • Pexels

Jakarta, VIVA –  BMW ingin Eropa lebih bisa melonggarkan rencananya untuk melarang mobil baru berbahan bakar bensin dan solar (ICE) mulai tahun 2035. Hal tersebut demi melepaskan ketergantungan kawasan ini pada baterai yang berasal China.

Setop Dijual di Indonesia, Honda Freed Jadi Mobil Terbaik di Jepang

Berbeda dengan merek lain, BMW telah mengadopsi pendekatan multi jalur dengan powertrain masa depannya, berinvestasi dalam teknologi seperti bahan bakar elektronik dan sel bahan bakar hidrogen, di samping kendaraan listrik baterai (BEV).

Pabrikan asal Jerman ini lebih berinvestasi dalam teknologi alternatif seperti bahan bakar elektronik dan sel bahan bakar hidrogen, dengan keyakinan bahwa masa depan mobilitas tidak akan didorong oleh baterai saja.

Segini Harga Innova Zenix di Akhir Tahun 2024

Maka itu, CEO BMW, Oliver Zipse, menegaskan bahwa Eropa membutuhkan pendekatan regulasi baru, yang memanfaatkan kekuatannya sendiri dalam teknologi dan tidak terlalu bergantung pada impor baterai.

CEO BMW, Oliver Zipse

Photo :
  • Carscoops
5 Hal Wajib yang Perlu Diketahui Pengguna Mobil Sebelum Libur Natal

“Koreksi target BEV 100% untuk tahun 2035 sebagai bagian dari paket pengurangan CO2 yang komprehensif juga akan membuat OEM Eropa tidak terlalu bergantung pada China untuk baterai,” kata Zipse, seperti dilansir Carscoops, Kamis 17 Oktober 2024.

"Untuk mempertahankan arah yang sukses, jalur yang benar-benar teknologi-agnostik dalam kerangka kebijakan sangat penting,” lanjutnya.

Menggandakan kekhawatirannya atas kesiapan Eropa untuk menghentikan mesin bensin dan diesel, Zipse menyatakan bahwa target Uni Eropa tidak lagi realistis dan bahwa subsidi saat ini untuk kendaraan listrik tidak berkelanjutan.

Masih belum jelas apakah pernyataan Zipse akan berperan dalam kemungkinan perubahan pada peraturan Eropa. Namun, ia bukanlah satu-satunya eksekutif produsen mobil besar yang menyarankan larangan ICE perlu dikaji ulang. 

Awal tahun ini , kepala keuangan Porsche Lutz Meschke juga menyarankan larangan tersebut dapat ditunda. Selain itu, penolakan juga dilakukan oleh negara-negara besar di Uni Eropa.

Para pejabat dari Jerman dan Italia juga menolak untuk memberikan dukungan langsung terhadap larangan tersebut, mereka berperan dalam Komisi Eropa yang menambahkan pengecualian untuk kendaraan ICE yang ditenagai oleh bahan bakar netral-CO2.

Mobil listrik BMW i4 eDrive40

Photo :
  • Dok: BMW

Peninjauan ulang terhadap target saat ini telah dijadwalkan pada tahun 2026 dan kepala asosiasi otomotif PFA Prancis menambahkan di Paris bahwa penting bagi semua pihak untuk “kembali duduk bersama” guna membahas kemungkinan perubahan.

Tiga tahun lalu, Oliver Zipse mengatakan bahwa BMW akan siap menghadapi larangan ICE ketika mereka mulai berlaku, mencatat bahwa merek tersebut akan “memiliki penawaran” jika ada wilayah, kota, atau negara yang memiliki gagasan untuk melarang ICE.

Pada saat itu, ia mengindikasikan bahwa larangan menyeluruh terhadap ICE mungkin bukan jalan terbaik ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya