Bukan Cuma Mesin Turbo, Ini Perbedaan Hyundai Creta N-Line Turbo dari Varian Lain
- Yunisa Herawati
Lampung, VIVA – Hyundai Motors Indonesia beberapa waktu lalu resmi menghadirkan Hyundai Creta N-Line Turbo, sebagai varian terbaru yang lebih bertenaga dan sporty.
Dibandingkan dengan varian lainnya, perbedaan utama terletak pada mesin yang digunakan, sistem transmisi, serta komponen pendukung lainnya.
Product Expert Hyundai Motors Indonesia, Bonar Pakpahan, menjelaskan bahwa Creta N-Line Turbo mengusung mesin 1.500 cc turbocharged dengan teknologi gasoline direct injection (GDI).
"Dibandingkan dengan mesin 1.500 cc naturally aspirated (NA), tenaganya sudah berbeda jauh," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif Jumat 7 Februari 2025.
Interior Hyundai Creta N Line
- Arianti Widya
Bonar menuturkan, mesin standar menghasilkan tenaga sebesar 115 daya kuda, sementara varian turbo mampu mencapai 160 dk. Perbedaan ini juga terlihat pada torsi, yang meningkat drastis dari 143,8 Nm di mesin biasa menjadi 253 Nm pada mesin turbo.
"Transmisi ini memang dirancang oleh Hyundai Motor Company sebagai kombinasi paling optimal untuk mesin 1.500 cc turbo," kata Bonar. Dengan kombinasi ini, performa kendaraan menjadi lebih responsif dan efisien dalam perpindahan gigi.
Selain mesin dan transmisi, perubahan lain yang cukup signifikan ada pada sistem pengereman dan suspensi di mana dimensi cakramnya lebih besar, berukuran 16 inci dibandingkan 15 inci pada varian non-turbo.
“Ini memungkinkan pelepasan panas yang lebih baik, sesuai dengan kebutuhan mobil yang memiliki tenaga lebih besar," ungkapnya.
Sementara itu, suspensinya tetap menggunakan konfigurasi MacPherson strut di depan dan couple torsion beam axle di belakang.
"Namun, ada sedikit penyesuaian di pengaturan suspensinya untuk varian N-Line Turbo agar lebih stiff atau lebih kaku, menyesuaikan tenaga dan torsinya yang lebih besar," jelasnya.