Menyiksa Mobil Listrik Geely EX5 Melewati Rintangan Termasuk Genangan Air
- Jeffry Yanto Sudibyo
VIVA – Geely kembali hadir di Indonesia melalui PT Geely Auto Indonesia sebagai lengan penjualannya. Brand asal Tiongkok itu resmi menancapkan kuku bisnisnya sejak awal tahun dengan mengandalkan Geely EX5.
SUV (Sport Utility Vehicle) listrik itu ditawarkan dua varian, harga Geely EX5 Pro Rp475 juta dan Geely EX5 Max Rp515 juta. Keduanya punya spesifikasi baterai 60,22 kWh dengan tenaga dinamo 160 kW dan torsi 320 Nm.
Geely EX5
- Yunisa Herawati
Untuk menarik minat konsumen terhadap mobil listrik pendatang baru itu, Geely menggelar promo seperti gratis aksesori interior, dan home charger berdaya 7 kW. Tersedia juga internet mobil gratis selama 2 tahun, emergency charger, serta layanan darurat gratis selama 5 tahun.
Tidak hanya itu, Geely juga memberikan garansi hingga 8 tahun untuk kendaraan dan penggerak listrik, serta layanan servis berkala gratis hingga 4 tahun atau 80.000 kilometer.
Walaupun SUV listrik itu sudah terpesan lebih dari 1.000 unit sejak peluncurannya, produsen mobil asal China itu ingin membuktikan ketangguhan produknya dengan mengajak rekan-rekan media mencobanya dengan rute Jakarta-Bandung.
Di tengah acara test drive yang digelar 19-20 Mei 2025, Geely juga membuat rintangan khusus untuk menyiksa SUV pelahap seterum tersebut dalam berbagai kondisi. Gimana hasilnya?
Pertama Viva Otomotif sebagai salah satu peserta yang mengikuti acara tersebut mencoba akselerasi. Sebagai catatan di dalam mobil berisikan 4 penumpang dengan bobot rata-rata 70 kilogram.
Memiliki torsi yang cukup besar saat berjalan dari kondisi diam, sehingga saat pedal gas kami injak dalam-dalam badan sedikit terdorong ke belakang. Hasilnya perlu waktu 8,7 detik untuk mencapai 87 km per jam.
Pengujian akselerasi ini kami memilih mode sport agar lebih agresif dari putaran bawah. Saat melakukan hard braking mobil langsung berhenti dalam jarak 3-4 meter, namun dengan catatan permukaan jalan terbuat dari beton yang memiliki garis-garis dengan kondisi kering.
Setelah itu kami melewati rintangan zig-zag untuk mencoba kelincahannya. Secara dimensi Geely EX5 memiliki panjang 4.615 mili meter, lebar 1.901 mm, tinggi 1.670 mm, dengan jarak poros roda depan ke belakang 2.750 mm gejala bodyroll cukup minim saat meliuk-liuk dengan kecepatan 20-40 km per jam.
Kemudian rintangan selanjutnya adalah speed bump, atau gundukan buatan. Ayunan suspensi depan Mcpherson dan belakang multi-link terasa cukup nyaman walaupun ayunannya cukup empuk, tanpa memberikan getaran berlebih ke bagian dalam kabin.
Selain itu pengujian keamanannya dilakukan dengan melewati melewati genangan air setinggi 31 cm, atau sampai bagian atas baut roda. Dalam kondisi tersebut mobil sempat berhenti dalam waktu beberapa detik hingga kemudian kembali jalan.
Menariknya dalam kondisi ban basah, walaupun mobil listrik tersebut mengandalkan penggerak roda depan tidak ada gejala selip saat melewati tanjakan ramp dengan kemiringan sekitar 20 derajat.
