10 Mobil Mungil yang Kebal Tabrakan (2)

Toyota Prius
Sumber :
  • toyota.com

VIVAnews - Produsen mobil di dunia terus mengembangkan fitur keamanan dan keselamatan pada setiap produknya. Cara ini dinilai efektif untuk menekan angka kecelakaan, yang merenggut korban jiwa baik penumpang, pengemudi dan pejalan kaki.

Berdasarkan data Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya AS (NHTSA), setidaknya 37.788 korban tewas di jalan raya Amerika Serikat sepanjang tahun 2010. Jika di rata-rata, maka setiap 16 menit terjadi kasus kecelakaan lalu lintas di negeri Paman Sam itu. Adapun korban kecelakaan paling banyak, adalah orang yang berusia sekitar 25-30 tahun.

Dengan jumlah kecelakaan sebanyak itu, memaksa konsumen harus lebih cermat memilih mobil yang aman dan minin resiko bila terjadi kecelakaan.

Seperti dilansir majalah Forbes, Rabu 8 Februari 2012, kencederungan konsumen saat ini adalah memilih mobil berukuran kecil, irit bahan bakar, ramah lingkungan. Selain itu, mobil mungil dinilai cukup efektif untuk bisa menerobos kemacetan.

Meski berbodi kecil, aspek keselamatan dan keamanan mobil-mobil mungil sangat terjaga. Forbes merilis 10 daftar mobil kecil yang aman saat ini. Kesepuluh mobil ini telah mengalami uji tabrak Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

Dalam uji tabrak itu ada beberapa aspek yang harus dipenuhi. Mulai dari fungsi seat belf, airbag, kekuatan bahan bodi material mobil dalam menahan benturan.

Berikut daftar lengkapnya: 1-5 biasa Anda klik di sini.

SBY Absen di Acara Open House Jokowi, AHY Ungkap Alasannya


6. Lexus CT 200h

Mobil kompak hybrid empat pintu ini, dikenal sebagai mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Tidak hanya itu, Lexus CT 200h dipersenjatai dengan fitur-fitur canggih untuk keselamatan.

Mulai dari airbag untuk melindungi kaki penumpang depan, teknologi Pre-Collision System--dimana sabuk pengaman akan mengencang dan pengereman menjadi lebih pakem, ketika ada potensi terjadi kecelakaan.

Toyota juga mengaplikasi mobil ini dengan koneksi yang dapat dilacak keberadaannya jika mobil tabrakan.


7. Mazda 3

Sedan kompak empat pintu ini lebih dinamis, dengan sandaran kepala depan yang didesain untuk melindungi cedera leher saat terkadi benturan di belakang.

Mobil ini juga dilengkapi fitur blind spot, yang memperingatkan pengemudi atau memberikan sinyal, jika pengemudi tidak melihat kendaraan di sekitar.

8. Scion tC

Mobil coupe sporty ini mengusung fitur keselamatan yang dapat meminimalisir cedera ketika terjadi kecelakaan.

Ini terlihat dari sandaran kepala depan untuk meminimalisir cedera, dan airbag di bagian lutut penumpang depan untuk melindungi kaki.

9. Subaru Impreza

Hatchback empat pintu ini cukup praktis dan memiliki bodi yang kuat. IIHS merekomendasi mobil ini sebagai varian terendah yang bukan mengutamakan kecepatan (model WRX lebih agresif).

Sistem penggerak mobil ini adalah empat road, dengan airbag di bagian kaki penumpang depan dan sandaran kepala yang didesain untuk meminimalisir cedera leher.

10. Toyota Prius

Mobil Hybrid Toyota menawarkan fitur keselamatan layaknya Lexus. Terdapat airbag di bagian kaki penumpang depan dan sandaran kepala di desain untuk melindungi leher sebagai fitur standar.

Sebagai opsional, terdapat layar di bagian atas depan untuk memantau kecepatan kendaraan dan informasi yang tertera di kaca depan saat pengemudi fokus melihat jalan.

Prius dilengkapi dengan fitur Lane Departure Warning System dan Pre Collision System, dimana sabuk keselamatan mengunci saat ditarik dan pengaturan pengereman saat ada objek di depan untuk menghindari kecelakaan. Sistem otomatis untuk pemberitahuan tabrakan juga tersedia.

Umat Islam Dunia Rayakan Idul Fitri 1445 H dengan Semangat Baru

Umat Islam Dunia Rayakan Idul Fitri 1445 H dengan Penuh Semangat

Umat Islam di seluruh dunia bersiap merayakan Idul Fitri 1445 H pada hari Rabu 10 April 2024, menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024