Mobil Esemka Hari Ini Uji Emisi

Wakil Walikota Solo supiri Esemka
Sumber :

VIVAnews - Mobil Esemka Rajawali yang dulu bernama Kiat Esemka hari ini, Senin 27 Februari 2012 siap melakukan uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong, Tangerang. Berbagai persiapan telah dilakukan supaya mobil buatan siswa SMK Solo itu bisa lolos uji emisi.

"Mobil Esemka telah sampai di BTMP Serpong sekitar pukul 06.30 WIB. Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan untuk tes uji emisi pagi ini," kata tim teknis mobil Esemka, Dwi Budi Martono ketika dihubungi VIVAnews.

Menurut Dwi, persiapan sebelum uji emisi hanya aktivitas biasa seperti pengecekan air pendingin dan oli. "Persiapan khususnya kan sudah dilakukan di Solo sebelum mobil Esemka diberangkatkan menuju Jakarta," kata dia.

Pengujian emisi ini diperkirakan akan memakan waktu awal hingga 6 jam. Uji emisi itu meliputi pengujian emisi dalam kondisi mesin dingin dan panas.

Selain itu,  pengujian juga dilakukan dalam kondisi beban kecepatan 0-120 kilometer/jam untuk mengetahui kualitas emisi gas buang. "Kami berharap uji emisi berlancar lancar. Semoga mobil Esemka bisa lolos uji emisi," kata Dwi dengan penuh harap.

Mobil Esemka kendaraan dinas Walikota Solo, Joko Widodo, kemarin tiba di Jakarta. Mobil dengan nomor polisi AD 1 A itu disopiri bergantian politisi Demokrat Roy Suryo dan Wakil Walikota Solo Hadi Rudiyatmo. Joko  berhalangan karena sedang fokus penanganan bencana banjir di Solo.

Mengenai efisiensi bahan bakar, Roy mengaku sempat terkejut saat 1 liter bisa mencapai 8 kilometer, bahkan beberapa kali sempat mencapai 1 liter untuk 12 kilometer. "Secara obyektif kapasitas 1500 cc bisa sampai 1 : 11, ini perlu penyesuaian," kata Roy kemarin. (ren)

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024