Mengapa Mobil China Tak Juga Diminati di RI

Mobil Murah di Bawah Rp150 Juta
Sumber :

VIVAnews - Produsen mobil China terus melakukan strategi jitu untuk bisa berbuat lebih banyak lagi di pasar otomotif tanah air. Mereka juga berusaha melepaskan predikat sebagai produk yang minim kualitas.

Tekad itu kemudian direalisasikan dengan menjalain kerja sama sesama produsen mobil China di Indonesia. Salah satunya adalah PT Geely Mobil Indonesia (GMI) dan PT Chery Mobil Indonesia (CMI).

"Membangun imej produk China cukup berat, itu yang menjadi pekerjaan rumah kami. Jadi diperlukan suatu kerja sama di antara produsen China lainnya," kata Komisaris GMI, A. Budi Pramono di Jakarta, Kamis 1 Maret 2012.

Menurutnya per 31 Desember 2011 lalu, dirinya tidak lagi menjadi Presiden Direktur Geely Indonesia. Posisi kini digantikan oleh Hosea Sanjaya, yang merupakan Presiden Direktur PT Chery Mobil Indonesia (CMI).

"Ini justru bukan kemunduran bagi Geely. Kami yakin dengan begini kami semakin kuat, akan saling menopang segala kelebihan dan kekurangannya. Tentunya ini dapat meningkat penjualan," kata dia.

Untuk diketahui, di negeri asalnya kedua merek ini merupakan kompetitor. Budi menambahkan, dengan dipimpinnya dua perusahaan oleh satu orang maka akan memudahkan kordinasi untuk membangun dua merek secara bersamaan.

Salah satu kendala lain yang akan dihadapi produsen mobil China di tahun ini adalah minimnya dana yang cukup besar dari prinsipial untuk bisa mengembangkan produknya di Indonesia. "Industri mobil China tidak seberani industri handphonenya. Mereka rela menggelontorkan dana yang cukup banyak untuk promosi, dan hasilnya handphone itu mulai menguasai pasar di Indonesia," kata Budi.

Namun, dalam industri mobil, China lebih berhati-hati untuk bisa mengelurkan dana yang cukup banyak dalam investasi. "Kalau mobil masih terlalu takut dan berpikir untung ruginya," ujarnya.

Penjualan Geely pada tahun lalu terbilang cukup baik dibanding produsen China lainnya. Mereka mampu membukukan penjualan dengan rata-rata 100 unit perbulan. "Kalau penjualan sudah 500 unit, kita baru berencana buka pabrik di sini," kata Budi menambahkan.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
Fashion Photoshoot Project Volume 5

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Event yang diselenggarakan oleh Fashion Crafty Jakarta menampilkan pertemuan yang menginspirasi antara desainer mode, fotografer, makeup artist, dan fashion stylist.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024