Rahasia Pabrik Toyota Bisa Produksi Mobil Lebih Efisien

Perakitan mobil Toyota Etios di Karawang
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen
- Toyota Indonesia memperlihatkan simulasi Toyota Production System (TPS) pada ajang Indonesia-Japan Expo 2013 yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran 19-22 Desember 2013.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
 
Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan
Simulasi itu rupanya mampu menarik banyak minat pengunjung dari beragam kalangan. Sebab, TPS dapat meningkatkan efisiensi dalam sebuah proses produksi.
 

"Kami ingin memberikan pengalaman bagaimana TPS bisa diterapkan di berbagai kegiatan produksi dan bagaimana sistem ini bisa meningkatkan efisiensi," kata Bob Azam,
Executive General Manager External Affairs Division
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Sabtu 21 Desember 2013.

 

Dalam industri manufakur, TPS terbukti bekerja efektif untuk meningkatkan efisien. TPS juga mampu menekan dan mencegah pemborosan.


Selain itu dapat mengurangi aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah. TPS memiliki dua pilar utama yaitu Just in Time (JIT) dan Jidoka.

 

Metode Just in Time, di mana Toyota memproduksi kendaraan sesuai dengan jenis dan jumlah yang diperlukan. Dengan begitu bisa mencegah terjadinya penumpukan stok serta menjamin kualitas kendaraan yang diterima konsumen.


"Kendaraan yang diterima konsumen adalah kendaraan yang baru selesai diproduksi di pabrik Toyota, bukan kendaraan yang telah disimpan lama," kata Bob.

 

Pilar kedua TPS adalah Jidoka yaitu berbagai aktivitas yang mencegah terjadinya ketidaknormalan untuk menjaga kualitas produksi selalu prima.


Tiga prinsip dasar Jidoka adalah tidak menerima cacat, tidak membuat cacat dan tidak meneruskan cacat.


Penerapan prinsip ini adalah dengan memberikan wewenang penuh bagi operator untuk menghentikan lini produksi jika terjadi abnormalitas.

 

Dasarnya JIT dan Jidoka merupakan dua hal yang kontradiksi. Saat sebuah proses produksi mengoptimalkan JIT dengan menitikberatkan efisiensi, terkadang kualitas yang diusung oleh prinsip Jidoka, diabaikan.


"Inilah yang menjadi keistimewaan TPS, mampu menyelaraskan kedua prinsip yang kontradiksi tersebut, sehingga dapat mencapai tingkat efisiensi tinggi tanpa melupakan kualitas yang baik," klaimnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya