Ahok Batasi Usia Mobil, Ini Kata Produsen Otomotif

Pengendara terjebak kemacetan.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAcoid - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menyatakan Pemprov DKI tengah melakukan pengkajian pembatasan mobil pribadi yang melintas di jalanan Ibu kota. Salah satu yang dikaji adalah soal pembatasan dari segi usia kendaraan hanya menjadi 10 tahun.

Ahok, bahkan menyarankan kepada warga untuk segera menjual mobil mereka saat memasuki batas usia tersebut, agar tidak mengalami kerugian atas pembatasan ini. Lantas, apa tanggapan para produsen mobil?

"Sejauh ini, kami belum pelajari peraturan tersebut, dan belum dibicarakan secara internal. Tetapi, sebenarnya kami memahami apa yang direncanakan Pemprov DKI. Tetapi, tentu kami harus mendengar dulu apa alasan kuat yang mendasari kebijakan ini," tutur Elvera N. Makki, Deputy Director Corporate Communication & Public Affairs Mercedes-Benz Indonesia kepada VIVA.co.id, Kamis 15 Januari 2015.

Ia juga mengaku belum bisa berbuat banyak terkait rencana Ahok. Yang pasti, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan kajian terhadap rencana ini. Sebab, kebijakan ini tentu akan memengaruhi penjualan kendaraan secara umum.

"Intinya, setiap kebijakan kami akan dukung, tetapi kami akan pelajari dahulu lebih detil, termasuk melakukan kajian mendalam," ujar Makki.

Senada dengan Mercedes-Benz, raksasa otomotif Indonesia, Toyota, memilih menutup informasi rapat-rapat dengan rencana Ahok tersebut. Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Rahmat Samulo, ia akan mempelajari terlebih dahulu mengenai wacana yang digelontorkan Ahok.

"Saya akan pelajari, karena banyak hal yang harus dilihat," singkat Samulo kepada VIVA.co.id.

11 Taksi Grab, Uber dan Gocar Dikandangkan Dishub



Baca juga:

Standar Rel Kereta Ringan Akhirnya Disepakati

Pengusaha Rental Desak Pemerintah Percepat Izin KIR

(asp)

Bus Damri di Terminal Pasar Minggu

Damri Siapkan 30 Unit Bus di Terminal 3 Soekarno-Hatta

Akan melayani trayek di Jabodetabek.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016