Dua Raksasa Otomotif Rebutan Nama Mobil

Logo Audi Q3
Sumber :
  • Dok: Audi

VIVA.co.id - Pemilihan nama mobil memang erat hubungannya dengan kesuksesan produk tersebut diterima masyarakat dunia. Bila salah memilih nama, produsen kendaraan bisa saja anjlok penjualannya.

Audi TTS Siap Goda Orang Kaya Indonesia

Itu sebabnya, persaingan kepemilikan nama sangat sengit terjadi antarprodusen otomotif. Salah satu kasus terbaru yang menyeruak di dunia maya adalah perebutan nama antara Fiat dan Audi.

Dilansir dari situs Autoevolution, Kamis 22 Januari 2015, Audi berencana mengembangkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) mereka dengan menambah tipe-tipe baru. Saat ini, lini SUV keluaran Audi baru ada tiga, yaitu Q3, Q5, dan Q7.

Unik, Petugas Khitan Kendarai Mobil Sport Buatan Jerman

Untuk bisa bersaing dengan rival abadinya, BMW, Audi berniat menambah dua lagi varian SUV. Namun sayangnya, nama Q2 dan Q4 sudah dimiliki oleh Fiat, raksasa otomotif asal Italia. Nama ini, sebenarnya digunakan pada merek Alfa Romeo, yang kebetulan dimiliki oleh Fiat.

Alfa Romeo menggunakan nama Q2 dan Q4 untuk membedakan sistem gerak kendaraan, apakah dua roda, atau empat roda. Selain Alfa Romeo, Maserati (yang juga kini bergabung dengan Fiat) menggunakan kode ini untuk tipe mesin pada beberapa tipe sedan dan SUV mereka.

Di China, Mobil Ini Digandrungi Wanita

Audi pernah meminta Fiat untuk melepas kedua nama tersebut, bahkan menawarkan sejumlah dana untuk mengambil alih merek Alfa Romeo dari Fiat, namun dengan mentah-mentah ditolak.

Padahal, jika saja Fiat mau merelakannya, kucuran dana dari Audi cukup untuk membangkitkan kembali nama Alfa Romeo yang kini sedang terpuruk.

Kabarnya, penolakan dari Fiat ini gara-gara perselisihan yang terjadi antara dua petinggi produsen mobil ternama tersebut, di mana mereka saling bersaing untuk menjatuhkan nama satu sama lain. (asp)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya