Sulitnya Melarang Mobil Tua Melintas di Ibukota

Pameran Mobil VW Klasik di Brasil
Sumber :
  • REUTERS/Paulo Whitaker

VIVA.co.id - Rencana Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), membatasi penggunaan mobil berumur di atas 10 tahun di Jakarta tidak hanya ditentang keras para pemilik mobil antik, tetapi juga para pelaku usaha mobil bekas.

Calya-Sigra Muncul, Pedagang Mobil Bekas Mengeluh

Menurut Senior Manager Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, meski pemerintah DKI baru dalam tahap mengkaji pembatasan ini, namun hal itu akan sulit diterapkan.

“Bagaimana dengan mobil yang akan datang ke Jakarta dari berbagai daerah? Tidak mungkin di setiap jalan masuk Jakarta ada petugas  yang selalu berjaga, terus menilang. Itu susah,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Jumat 23 November 2015.

Ini Harga Agya-Ayla Bekas Usai Calya-Sigra Hadir

Lebih lanjut Herjanto menyatakan, tak hanya soal pengawasan pengguna mobil dari luar Jakarta saja, namun kendaraan berusia lawas yang kerap menjadi bahan modifikasi masih banyak populasinya di ibukota.

Tingginya jumlah mobil bekas juga karena adanya permintaan masyarakat yang masih suka bergonta-ganti mobil tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

Ingin Beli Mobil Bekas? Perhatikan Empat Hal Ini

“Saran pribadi saya, setidaknya pemerintah lebih baik memberikan pajak kendaraan jadi lebih tinggi untuk setiap mobil lama, misalnya yang di atas 5 atau 10 tahun, Ini lebih realistis,” ujar Herjanto.

Mengenai pasaran mobil lawas, Herjanto mengatakan bahwa hingga saat ini masih saja ada konsumen yang mencari mobil yang tua, namun memang tak terlalu banyak jumlahnya dibanding tahun lalu.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya