Terus Dikuasai Jepang, Kapan Indonesia Punya Mobil Nasional?

Ilustrasi mobil sedan.
Sumber :
  • google

VIVA.co.id - Dewasa ini, gempuran pasar mobil Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa, terus menguasai pasar otomotif nasional. Para raksasa otomotif, sepertinya merasa nyaman dengan tingkat konsumsi belanja masyarakat Indonesia yang begitu tinggi.

Tak heran, jika kemudian para produsen itu menganggap bahwa Indonesia merupakan pasar yang menggiurkan untuk mendulang pundi-pundi kesuksesan.

Ironinya, hingga kini Indonesia belum juga memiliki mobil nasional, seperti halnya beberapa negara lain, di antaranya Malaysia dengan Proton-nya. Lantas, kapan giliran Indonesia?

Menurut Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D. Sugiarto, sama seperti negara lain, Indonesia dinilai memiliki potensi untuk memiliki mobil nasional.

Kini di Mobil Bisa Nonton Siaran TV Berbayar

Caranya, kata Jongkie, ada dua opsi yang harus dilaksanakan, yaitu membuat mobil nasional dengan melakukan produksi dari nol, sehingga sesuai kriteria, atau membeli teknologi yang lebih instan.

"Kita coba lihat beberapa negara seperti merek Proton dan Hyundai, mereka beli teknologi dari Mitsubishi juga. Jadi, harus ada pembicaraan, dan harus membeli tipe mobil mana, produksi dan komponen dalam negeri," ujar Jongkie kepada wartawan, di Jakarta, Selasa 27 Januari 2015.

Setelah tahap tersebut, lanjut Jongkie, setidaknya beberapa bagian dari pembelian teknologi itu bisa diubah sendiri, seperti pada bagian desain hingga mesin.

Jongkie menegaskan bahwa pengadaan mobil nasional tidak menutup kemungkinan, jika Indonesia bisa melakukannya. Hal ini, tak lain dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang berlimpah, sehingga dapat dipastikan bisa mengubah beberapa bagian mobil tersebut, seperti power, suspensi, bodi, serta remnya.

"Hyundai punya Pony, itu sebenarnya Mitsubishi Lancer dan menggemparkan pasar Amerika Serikat, harga kompetitif," ujar Jongkie.

Jongkie pun menegaskan bahwa saat ini Indonesia, belum memiliki kriteria akan mobil nasional. Kendati demikian, pada 1996, ada kriteria akan mobil nasional, yaitu diproduksi dalam negeri, merek nasional dan investor lokal. Mobil itu ialah Timor. Namun, kriteria itu dicabut pada 1998. (asp)



Baca juga:

Pembuat Mobil Nasional Komodo Mengeluh Dijiplak China

Bagaimana Nasib Mobnas, Bos Suzuki: Tanya Pak Jokowi

mobil-mobil Hollywood

Mobil-mobil Hollywood 'Mejeng' di IIMS 2016

IIMS 2016 digelar di PRJ.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2016