Menjajal All New City di Tengah Menurunnya Pasar Sedan

All New Honda City
Sumber :
  • VIVAcoid/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Meski pasar sedan di Indonesia menurun, namun sejumlah produsen mobil di Indonesia tetap yakin, segmen ini masih diincar pasar.

Honda City Paling Gres Bakal Mengaspal, Apa yang Berbeda?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) secara wholesales (pabrik ke diler) di 2014, total penjualan sedan, termasuk taksi, mencapai 22.197 unit

Di tengah menurunnya pasar sedan, VIVA.co.id memutuskan mencoba salah satu segmen mini sedan yang dibesut PT Honda Prospect Motor, All New Honda City. Pengujian pun digunakan dengan pengaturan untuk harian.

Bom Thamrin, Komunitas Honda City Gelar Aksi Simpatik

Sebelumnya, VIVA.co.id sempat mencicipi rasa penantang Toyota Vios ini dikawasan BSD, Tangerang. Namun karena kencan yang singkat bersama City terbaru, mobil yang dibanderol antara Rp285,5 juta hingga Rp 330 juta tersebut, belum semua terekspose.

Kali ini, rute yang diambil pun sekitar antara Jakarta dan Bogor. Sementara All New Honda City yang digunakan merupakan varian E CVT. All New Honda City yang diluncurkan pertengah 2014 itu memang telah disematkan teknologi yang baru dan lebih modern, sehingga sama seperti varian Honda premium lainnya, mulai dari sistem keyless entry, proses Start menggunakan tombol, sampai sistem aktivasi Eco driving dan lainnya.

Software Bermasalah, Honda 'Recall' Ribuan City

Saat kondisi macet di tengah kota Jakarta, tinggal menekan Eco Mode, yang dapat membuat mobil menjadi lebih efisiensi dalam hal bahan bakar. Selain itu, ECU pun memberikan respons kepada mesin dan mobil bergerak lebih halus.

Namun jika saat berada di jalur bebas hambatan tanpa Eco Mode, tenaga yang dihasilkan mesin 1.500cc Single Over Head Camshaft (SOHC) 4 silinder segaris ini mampu memberikan akselerasi yang mumpuni.

Demikian juga proses perpindahan gigi yang halus karena menggunakan transmisi CVT dan ditunjang dengan hadirnya Paddle shift layaknya mobil sport. Hal ini memberikan nilai lebih, terutama jika mobil dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Saat berada di jalur yang tak rata atau bergelombnag, suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Shape Torsion beam, tak terasa guncangan saat berjalan perlahan. Namun ketika diajak sedikit ngebut, guncangan lebih terasa keras, meski tetap nyaman.

Fitur menarik pada mobil ini Hill Start Assist (HSA). Fitur tersebut akan berguna saat berada di kondisi tanjakan dengan kondisi jalan padat, di mana memberikan kemudahan dalam bentuk mobil bisa sesaat tertahan dan tidak mundur saat di tanjakan.

Demikian juga dengan pengereman yang nyaman, berkat adanya ABS (Anti-lock Braking System). Honda City generasi keempat ini telah dilengkapi dengan Brake Override System, di mana teknologi ini bisa mencegah kecelakaan akibat pengemudi panik dan menginjak pedal gas dan rem bersamaan.

Menarik dari sedan ini, selain Paddle Shift,  tombol audio system juga beada di palang lingkar kemudi, sehingga lebih mudah saat memilih lagu.

Kendati demikian, hal ini tak menyurutkan tampilan headunit, lengkap dengan monitor 6,1 inci layar sentuh, yang dapat mengoperasikan radio AM/FM, CD, DVD, iPod/iPhone, Aux input, dan USB Port.

Pada intinya, dari perjalanan harian yang dilakukan VIVA.co.id, menggunakan All New Honda City, yang bisa disebut entry sedan, fitur serta teknologi yang disuguhkan sangat memanjakan pengemudi dan juga penumpang.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya