Soal Proton Hendropriyono, Ini Kata Ketua Umum Gaikindo

Presiden Joko Widodo Jokowi tinjau pabrik Proton Malaysia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Udden Abdul

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo membuat kejutan bagi industri otomotif di dalam negeri. Di sela-sela kunjungannya ke Malaysia, ia menjadi saksi penandatanganan kerja sama antara PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) milik AM Hendropriyono, mantan kepala BIN, dengan Proton Holdings yang diwakili Mahathir Muhammad.

Kehadirannya di acara memorandum of understanding (Mou) Proton dengan perusahaan swasta Indonesia pun, kemudian ditanggapi miring publik di Indonesia.

Kini di Mobil Bisa Nonton Siaran TV Berbayar

Sebab, banyak pihak menyebut Jokowi berencana membuat mobil nasional (Mobnas) dengan menggandeng Proton, mobil asal Malaysia. Terlebih, PT ACL milik mantan Kepala BIN Hendropriyono tak berpengalaman dalam industri otomotif.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Gaikindo, Sudirman MR rupanya tak mau ambil pusing. Namun, menurut Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor itu, Gaikindo tetap akan mendukung upaya yang diputuskan pemerintah nantinya.

"Menurut bapak perindustrian (Saleh Husin), perjanjian ini merupakan bisnis to bisnis dan itu juga baru dilakukan sebatas MoU-nya. Jadi, kami belum bisa berkomentar dan belum tahu dalamnya seperti apa. Tapi bagi kami, Gaikindo selalu mengikuti keputusan pemerintah," kata Sudirman MR, saat ditemui wartawan di Jakarta, Selasa 10 Februari 2015.

Soal pengalaman PT ACL yang minim, Gaikindo tak memperdulikannya. Kata Sudirman, Gaikindo membuka pintu untuk kehadiran perusahaan milik Hendropriyono jika mau masuk menjadi anggota.

"Tidak ada aturan selama ini, mungkin saja kalau nanti sudah deal dan berkiprah, mungkin saja masuk Gaikindo. Jadi, Gaikindo terbuka untuk seluruh merek," ujar Sudirman.

Namun demikian, ia menyatakan bahwa Gaikindo saat ini berisi beberapa merek yang notabenenya sudah mempunyai beberapa kapasitas otomotif yang cukup besar, termasuk Proton Edar Indonesia yang menjadi salah satu anggotanya. (asp)



Baca juga:

Pembuat Mobil Nasional Komodo Mengeluh Dijiplak China

Bagaimana Nasib Mobnas, Bos Suzuki: Tanya Pak Jokowi

mobil-mobil Hollywood

Mobil-mobil Hollywood 'Mejeng' di IIMS 2016

IIMS 2016 digelar di PRJ.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2016