Limo Mantan Penguasa Rusia Dijual Rp20 Miliar

Mobil limo yang pernah digunakan Gorbachev dan Yeltsin.
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id - Berita mengenai mobil-mobil yang pernah dipakai oleh kepala pemerintahan, memang selalu menarik untuk diikuti. Hal ini, karena jenis dan spesifikasi mobil tidaklah sama dengan yang dijual untuk umum.

Intip 'Seksinya' Mobil Koleksi Soekarno, Mewah di Eranya

Contohnya, berita mengenai mobil kenegaraan mantan presiden Uni Soviet yang statusnya saat ini dijual oleh pemilik barunya. Dilansir dari situs Autoblog, Jumat 20 Maret 2015, mobil jenis limusin buatan ZIL, ZIL-41052, diiklankan oleh situs jual beli kendaraan, James Edition.

Dalam iklannya, dijelaskan bahwa mobil ini pernah digunakan oleh Mikhail Gorbachev dan Boris Yeltsin, dua orang yang pernah menjadi penguasa Rusia. Seperti kebanyakan mobil kenegaraan lainnya, limusin ini juga dilapisi dengan material anti peluru, mulai dari bodi mobil hingga kaca.

Dapat Kado, Berapa Harga 'Lamborghini' Anak Raffi Ahmad?

ZIL-41052 resmi dijadikan mobil dinas Gorbachev dan Yeltsin mulai 1989 hingga 2007. Jika berita tersebut benar, seharusnya mobil ini juga pernah dipakai oleh 'presiden macho' Valdimir Putin. Namun, tampaknya Putin tidak pernah terlihat berada di dalam mobil tersebut, dan memilih naik Mercedes-Benz S600 Guard.

Tampaknya, mobil yang hanya diproduksi sebanyak 13 unit ini jarang sekali menyentuh aspal jalan di Rusia. Buktinya, penunjuk jarak tempuh mobil hanya mencatat angka sebesar 30 ribu kilometer saja.

Artis Ini Lapisi Mobil Mahalnya dengan Stiker, Takut Lecet?

Semua material pelindung yang terpasang tentunya membuat bobot mobil menjadi lebih berat. Uniknya, meski berbobot 5,5 ton, namun mobil ini bisa melaju hingga kecepatan 190 kilometer per jam. Untuk bisa melaju sekencang itu, digunakan mesin delapan silinder berkapasitas 7.700cc, yang disandingkan dengan transmisi tiga percepatan.

Di dalam situs, mobil bertenaga 315 daya kuda dan memiliki panjang 6,3 meter ini dijual dengan harga US$1,6 juta, atau setara dengan Rp20,9 miliar. (asp)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya