Enam Mobil Jadul Penyandang Status 'Raja Off-Road'

Volkswagen Beetle
Sumber :
  • autos

VIVA.co.id - Saat ini banyak mobil baru yang diklaim sebagai jagoan off-road. Namun, tahukah Anda bahwa banyak mobil lawas yang juga menyandang status sebagai "raja off-road".

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Seperti dilansir Autos, saat ini ada enam mobil lawas yang pantas menyandang predikat sebagai penakluk jalanan terjal. Mobil-mobil ini dianggap punya tenaga mumpuni meski telah lama diluncurkan.

Menariknya, mobil-mobil ini tidak dikategorikan sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) atau jenis truk yang selama ini dikenal sangat piawai melahap lintasan off-road.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Nah, berikut enam mobil klasik yang dikenal sebagai "raja off-road":

toyota-tercel-4wd-wagon-off-road

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Toyota Tercel 4WD

Toyota four-wheel-drive cukup tangguh saat digunakan sebagai kendaraan off-road. Walaupun hanya memiliki mesin empat silinder, tetapi mobil ini mampu menaklukkan jalan berbatu dan berbukit. Selain itu, mobil ini memiliki kopling mekanik langsung transfer ke case (tidak ada diferensial tengah), dan gigi ekstra-rendah.

amc-eagle-sx4-coupe-off-road
AMC Eagle SX/4

Pada tahun 1981, AMC two-door sukses membawa semangat baru bagi para pencinta off-road. Meski penampilannya sangat kalem, mobil ini dianggap tangguh untuk menaklukkan medan berat. 

peugeot-504-wagon-off-road

Peugeot 504

Dengan desain bodi yang luas, sebenarnya mobil ini dirancang sebagai mobil keluarga. Namun, mobil ini juga menjadi salah satu alternatif pilihan bagi para pencinta off-road pada masanya.

volkswagen-golf-country-syncro-off-road

Volkswagen Golf Country Syncro

Pada tahun 1989, Volkswagen muncul ke Geneva Motor Show dengan produk 4×4-nya. Dan selama dua tahun ke depan, VW melengkapi mobil ini dengan 1.8-liter Golfs to Steyr-Puch dan syncro mechanicals, sampai dengan bulan Desember 1991. Mobil ini juga jago melahap medan berbukit.

subaru-justy-4wd-hatchback-off-road

Subaru Justy 4WD

Walaupun desainnya yang kecil, mobil ini dinilai sangat mumpuni digunakan untuk berkendara jarak jauh. Mobil ini juga cukup tangguh untuk melintasi jalan berbatu dan menanjak.

volkswagen-beetle-off-road

Volkswagen Beetle

Dari semua mobil yang terdapat di sini mungkin mobil Beetle adalah yang cukup mengejutkan masuk dalam jajaran mobil off-road. Namun, pada akhir 60-an, pembalap California mulai memodifikasi Beetles untuk balap off-road. Sejak saat itu mobil ini dikenal memiliki mesin dengan bodi yang tangguh. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya