Heboh Airbag Bermasalah, Apa Reaksi Suzuki Indonesia?

Airbag
Sumber :
  • Caradvice
VIVA.co.id
Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty
- Dunia otomotif tengah gempar dengan munculnya masalah airbag atau kantong udara. Puluhan juta mobil harus direcall karena timbulnya masalah pada fitur keselamatan mobil itu.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Diketahui sebelumnya, masalah pada fitur airbag ini telah memakan banyak korban. Perusahaan asal Jepang, Takata Corp, sebagai penyuplai airbag terbesar menjadi tertuduh utama.
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor


Recall terjadi di banyak negara dan melibatkan produsen-produsen mobil kondang seperti Honda, Toyota, dan Nissan. Hampir semuanya menggunakan airbag buatan Takata.


Rupanya masalah airbag ini juga menyasar Suzuki. Meski mayoritas mobil Suzuki di Indonesia menggunakan airbag buatan lokal, namun ada beberapa jenis mobil yang juga ditanami airbag Takata, terutama mobil CBU atau yang didatangkan secara utuh dari luar negeri di antaranya Suzuki Vitara.


Hal itu dibenarkan Deputy General Manager PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Riecky Patrayudha. "Memang ada beberapa yang menggunakan (airbag Takata), tapi tidak semua," kata Riecky kepada VIVA.co.id.


Namun, menurut Riecky, persentasenya sangat kecil. Sebab, Suzuki Indonesia selama ini memang lebih percaya dengan airbag buatan lokal seperti yang ditanamkan pada mobil Ertiga.


Riecky pun menyatakan, ada beberapa alasan mengapa Suzuki memilih airbag buatan dalam negeri. Yakni selain karena cost lebih murah, Suzuki dengan cepat dapat mengontrol mutu agar lebih baik.


"Karena late timenya jauh lebih pendek sampai ke pemasangan. Sedangkan impor bisa membutuhkan waktu hingga 3-4 bulan. Sampai saat ini, airbag Indonesia menjadi yang paling bagus, belum ada masalah,” tegas Riecky. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya