Penjualan Mobil Paceklik, Suzuki Tunggu Berkah Lebaran

Suzuki Wagon R 3-Row Concept
Sumber :
  • Motorbeam

VIVA.co.id - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan April 2015 mengalami penurunan cukup drastis, yakni mencapai 81.600 unit. Penurunan ini juga terjadi pada PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Hal itu disampaikan Makmur, 4W Marketing Director PT SIS, saat ditemui wartawan di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis 21 Mei 2015.

Hanya saja, menurut Makmur, penurunan penjualan tidak hanya terjadi pada Suzuki, melainkan sejumlah perusahaan mobil lainnya. "Semua turun, industri otomotif turun 15 persen. Walau turun, Suzuki jaga target market share hingga 14,6 persen sampai akhir tahun," kata Makmur.

Makmur memprediksi kenaikan penjualan akan kembali merangkak di semester kedua, karena akan ada aktivitas mudik Lebaran. "Ada GIIAS ada PRJ juga bisa menolong. Diprediksi semester kedua optimistis naik lagi," ujarnya.

Sementara berdasarkan data Gaikindo, untuk penjualan secara wholesale (pabrik ke diler) Suzuki pada April 2015, hanya 8.019 unit. Angka ini turun dari Maret lalu yang tembus 12.387 unit.

Pada April 2015 ini pula, posisi Suzuki yang tadinya di urutan ke empat terpaksa turun satu peringkat karena digantikan Mitsubishi yang mencapai 9.662 uit.

Sementara itu, PT SIS hari ini kembali memberikan sejumlah motor kepada para siswa sekolah binaan mereka yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, dan Makassar. Tercatat, ada 92 unit motor yang dibagikan, agar para siswanya memiliki bahan 'oprekan', belajar mesin.

Menurut Deputy Managing Director 2W Division, Endro Nugroho, pihaknya juga memberikan cuma-cuma sekira delapan mesin mobil, dan 10 mesin sepeda motor.

Belum Lama Meluncur, Penjualan Calya Sudah Salip Agya

"Dengan memberikan donasi kepada dunia pendidikan, diharapkan mereka dapat belajar dan nantinya menjadi tenaga kerja yang siap pakai," ucap Endro.

Suzuki New SX4 S-Cross di GIIAS 2016.

Ini Mobil-mobil Terbaru Suzuki di GIIAS

New SX4 S-Cross membawa sejumlah fitur baru.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016