Diskon Mobil Jelang Lebaran, Siapa Paling Besar?

Mobil keluarga. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • serbaserbiartikel

VIVA.co.id - Ramadhan bulan penuh berkah. Kalimat itulah yang kerap didengungkan banyak pihak, lantaran tingginya daya beli masyarakat di bulan tersebut. Biasanya, kata-kata itu terlontar dari mulut pebisnis, baik kecil maupun besar.

Momentum ini pun, tak lupa dimanfaatkan para pebisnis yang bergerak di dunia otomotif. Ritus akbar mudik tahunan ini masih jadi senjata ampuh pabrikan mobil untuk mendulang berkah. Terlebih, di masa paceklik penjualan mobil nasional.

Untuk memantik daya beli masyarakat akan mobil, mereka ramai-ramai menggelontorkan diskon 'gede-gedean'. Setidaknya, hal itu terlihat di arena Pekan Raya Jakarta 2015, Kemayoran. Apa saja? Berikut daftarnya:

Chevrolet

Perang diskon pertama datang dari pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Chevrolet. Di PRJ, diskon mobil Chevrolet hingga Rp32 juta. “Beda tipe, beda diskonnya,” ucap salah seorang sales kepada VIVA.co.id.

Kata dia, untuk potongan harga Spin LS dan LTZ 1.5 manual bensin dikorting Rp20 juta, sedangkan Spin LTZ 1.5 Triptonic Matik bensin diskon Rp18 juta. Selain itu, untuk Spin Activ 1.5 Triptonic Matik bensin potongannya mencapai Rp10 juta.

Diskon juga datang dari Spin berbahan bakar diesel, yakni tipe LS 1.3 dan LTZ 1.3, diskon sebesar Rp19 juta. Selain Spin, model lain yang mendapatkan potongan harga antara lain Captiva 2.0 Turbo Matik dan Captiva 2.0 Turbo diesel 4x4 mencapai Rp30 juta. Sedangkan Captiva 2.4 Matik dengan mesin 2014, diskonnya lebih besar, yaitu Rp32 juta.

Pertama Kali ke PRJ, Ammar Zoni Antusias Cari Helm

Toyota

Perang diskon kedua datang dari raksasa otomotif Tanah Air, Toyota. Jelang Lebaran, Toyota genjot korting di hampir semua mobil-mobilnya. “Banyak yang masih cari Avanza, diskonnya kini Rp16 juta,” kata seorang sales Auto200 yang tak ingin disebutkan namanya kepada VIVA.co.id.

Selain Avanza, kata dia, sejumlah model lainnya juga mendapat potongan, mulai dari Etios yang mendapat diskon Rp5 juta, Yaris Rp18 juta, New Rush Rp9 juta, dan Kijang Innova Rp15 juta.

Tak ketinggalan, di segmen sedan juga mendapat potongan harga, seperti Vios sebanyak Rp15 juta, lalu Corolla Rp10 juta dan Camry mencapai Rp8 juta.

“Kalau serius, bisa lebih besar lagi (diskonnya). Agya juga ada diskon Rp4 juta,” ucapnya. “Cicilannya juga beragam, mulai dari Rp1,7 juta sampai Rp4,5 juta per bulan, tergantung model.”

Suzuki

Potongan harga juga ditempuh Suzuki untuk mendulang berkah jelang Lebaran. Suzuki memberikan diskon menggiurkan, yakni antara Rp2,5 juta hingga Rp20 juta.

Menurut salah seorang wiraniaga Suzuki kepada VIVA.co.id, untuk Ertiga, potongan harga diberikan antara Rp14 juta hingga Rp20 juta. Tak hanya itu, diskon juga ditawarkan untuk sejumlah model lainnya, di antaranya APV yang rata-rata mencapai Rp10 juta, lalu New Splash Rp15 juta, Swift Rp3 juta, dan Swift Sport mencapai Rp5 juta.

“Kalau Karimun Wagon R tipe GA potongannya Rp2,5 juta, tipe GL Rp3 juta, GX dan Dilago Rp9 juta, dan GS bisa Rp8 juta,” ujarnya menambahkan.

Datsun

Tak ingin kalah dari sejumlah perusahaan mobil di PRJ Kemayoran 2015, Datsun yang kedua kalinya hadir di hajatan tahunan Ibu Kota Jakarta juga memberikan potongan harga untuk dua mobil andalannya, Datsun Go+ dan Go Panca.

Tak tanggung-tanggung, kedua mobil yang masuk dalam segmen mobil murah ramah lingkungan, atau Low Cost Green Car (LCGC) itu mendapat diskon hingga Rp13 juta.

“Tapi potongan itu diberikan untuk uang muka (Down Payment/DP). Misalnya, tipe Go+ Panca D seharga Rp89.350.000 dan DP 25 persen yaitu sebesar Rp26.687.500. Maka DP itu dikurangi Rp13 juta,” ujar salah seorang sales Datsun kepada VIVA.co.id.

Menurutnya, bagi para pengunjung PRJ 2015 yang melakukan pembelian di booth Datsun dengan booking fee minimum Rp2 Juta, akan mendapatkan hadiah langsung berupa Original Door Visor senilai Rp300 ribu dan Original Seat Back Pocket senilai Rp160 ribu. (asp)

Penyebab Kebakaran di PRJ Masih Gelap
Penutupan Pekan Raya Jakarta

JIExpo Pastikan Jakarta Fair Tetap Digelar

Pihak penyelenggara berharap Jakarta Fair dapat digelar akhir tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 Juni 2020