Gendong Mesin Baru, Tenaga Avanza 'Facelift' Lebih Bandel?

Avanza terbaru.
Sumber :
  • Facebook Komunitas Toyota.
VIVA.co.id
Avanza-Xenia Keluaran 2012 Paling Banyak Diburu, Kenapa?
- Sejumlah informasi terkait Avanza terbaru terus bermunculan. Mobil sejuta umat itu dikabarkan bakal mengusung perubahan
'Major'
Calya Punya Potensi 'Makan' Pasar Kakak Kandungnya
agar tetap eksis mencengkeram pasar di Tanah Air. Perubahan itu kabarnya meliputi eksterior, interior, hingga urusan dapur pacu.
Pesta Diskon Toyota hingga Rp25 Juta di IIMS 2016

Seorang sumber Toyota kepada
VIVA.co.id
menyampaikan bahwa Avanza
facelift
bakal datang dengan tenaga yang lebih sangar. Hal itu berkat penanaman mesin baru berteknologi Dual VVT-i (
Variable Valve Timing with Intelligence
).


Mesin ini akan menggusur model lama, berkode K3-VE dan 3SZ-VE. Soal kapasitas mesin, masih sama, yakni 1.3 dan 1.5 L. Sumber menyebutkan, dengan mesin terbaru itu, tak hanya bicara sukses genjot tenaga lebih baik, namun juga dikatakan bakal membuat irit konsumsi bahan bakarnya. Benarkah demikian?


Menanggapi kabar tersebut,
General Manager of Technical Service
PT Toyota Astra Motor (TAM), Dadi Hendriadi saat ditemui, Selasa malam, 23 Juni 2015, memilih bungkam. Sama seperti petinggi TAM lainnya, ia kompak mengunci mulut terkait perubahan yang dialami Avanza baru.


Namun, ia hanya menyebutkan jika mesin VVT-i tentunya memiliki tenaga yang lebih besar dan hemat bahan bakar. "Dapat menambah tenaga pada mesin mobil sekira 5-10 persen," ujar Dadi.


Demikian juga dengan efisiensi bahak bakar. Akan tetapi, kata Dadi, untuk efisiensi bahan bakar ini masih estimasi kasar. Hal ini tak lain masih banyak komponen lain yang menjadi perhitungan.


Sebenarnya, lanjut Dadi, mesin VVT-i telah lebih dahulu disematkan pada mobil Toyota lainnya, seperti; Corolla dan Camry. Namun sayang, saat ditanya kebenaran Avanza terbaru akan mengusung mesin VVT-i, Dadi kembali hanya melempar senyum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya