MINI Clubman Terbaru 'Tumbuh' Makin Besar

MINI Clubman 2016.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Saat pertama kali mobil MINI dibuat, konsep yang diusung adalah sebuah mobil kecil yang praktis untuk digunakan sehari-hari. Kehadiran mobil berukuran mungil ini awalnya adalah untuk menghadapi besarnya permintaan akan kendaraan bermesin kecil, akibat dari terbatasnya bahan bakar pada masa itu.

Beli Mobil Mini Cooper di IIMS, Diskon hingga Rp50 Juta

Setelah dibeli oleh BMW, MINI mulai "tumbuh" layaknya remaja. Panjangnya yang dulu hanya sekitar tiga meter, mulai tahun 2000 bertambah menjadi 3,6 meter. Kapasitas mesin yang tadinya di bawah 1.000cc juga meningkat menjadi 1.400cc.

Kini, seperti yang dilansir dari Autoevolution, Kamis 25 Juni 2015, MINI tipe Clubman, yang merupakan tipe estate atau station wagon dari MINI Cooper, mulai beranjak ke tahap "dewasa". Mobil yang menjadi salah satu ikon negara Inggris ini mulai mengusung konsep mobil premium compact cars.

Mobil Termahal Orang Kaya Indonesia Laris Manis

Dibandingkan dengan versi sebelumnya yang mengusung lima pintu, MINI Clubman terbaru lebih panjang 27 sentimeter, lebar bertambah sembilan sentimeter, dan jarak poros roda bertambah 10 sentimeter.

Artinya, ruang kabin yang dulunya kurang ideal untuk ukuran orang Amerika atau Eropa, kini sedikit lebih luas. Jika semua kursi diisi penumpang, kapasitas bagasi untuk menampung barang adalah sebanyak 360 liter.

Mini Cooper Terbaru Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Konsol tengah berukuran sedikit lebih lebar dan posisinya lebih tinggi dari generasi sebelumnya. MINI anyar ini kini memiliki tambahan satu pintu, di mana pintu belakang terbagi menjadi dua bagian, dengan cara membukanya ke arah samping.

Banyak fitur canggih yang disematkan pada mobil ini. Di antaranya adalah head-up display, active cruise control, pendeteksi penyeberang jalan, dan sistem pembantu pengereman.

Untuk mesin, tersedia tiga pilihan, yakni 1.500cc tiga silinder berbahan bakar bensin serta 2.000cc empat silinder yang tersedia dalam pilihan bahan bakar bensin dan diesel.

Meski belum ada pengumuman resmi mengenai harganya, diketahui MINI akan mulai menjual Clubman generasi terbaru ini pada awal 2016. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya