Audi Bikin Kendaraan Khusus untuk Menjelajah Bulan

Audi Lunar Quatro.
Sumber :
  • www.worldcarfans.com

VIVA.co.id - Sebuah langkah mengejutkan ditempuh pabrikan asal Jerman, Audi, yang tengah menggarap kendaraan penjelajah untuk mendarat di bulan. Kendaraan itu dirancang untuk mengikuti kompetisi Google Lunar XPRIZE berhadiah US$30 juta dolar Amerika Serikat.

Audi tak sendirian, pabrikan tersebut bekerjasama dengan sejumlah insinyur Jerman yang menamakan diri mereka Part Time Scientists. Demikian dilansir Worldcarfans, Jumat 26 Juni 2015.

Google Lunar XPRIZE diketahui merupakan lomba yang diperuntukkan bagi para insinyur di dunia untuk mengembangkan metode berbiaya rendah dalam eksplorasi robot ruang angkasa. Peran Audi sendiri yakni membantu tim dalam bidang pengetahuan teknis quattro all-wheel drive, konstruksi berbobot ringan, mobilitas tenaga listrik dan kemudi otomatis.

Unik, Petugas Khitan Kendarai Mobil Sport Buatan Jerman

Audi lunar quattro

Untuk menjadi pemenang, kendaraan itu harus berhasil mendarat di bulan dan mengeksplorasi setidaknya 500 meter di permukaan bulan. Tim juga harus mengirimkan video definisi tinggi dan gambar perjalanan kembali ke bumi.

Audi lunar quattro

Kendaraan Audi bersama tim Part Time Scientists diberinama "Audi Lunar Quatro". Kendaraan ini dilengkapi panel solar yang dapat menangkap cahaya matahari untuk selanjutnya disalurkan ke baterai lithium ion.

Di China, Mobil Ini Digandrungi Wanita

Rencananya, kendaraan ini akan diluncurkan ke bulan pada 2017 mendatang. Untuk sampai ke bulan, kendaraan akan masuk ke dalam sebuah roket yang menempuh perjalanan lebih dari 380 ribu kilometer ke titik pendaratan.

Perjalanan selama lima hari itu akan menuju area pendaratan di utara katulistiwa Bulan, titik yang sama menjadi lokasi pendaratan Apollo 17. Di sana, suhu bisa mencapai 300 derajat celcius.

Audi lunar quattro

Tim menyatakan jika kendaraan ini sudah melakukan serangkaian ujicoba di berbagai lokasi, seperti di Alps dan Tenerife, Austria.

Buntut Skandal VW, Audi dan Porsche Masuk Investigasi

Secara teori, kendaraan berbahan alumunium ini memiliki kecepatan maksimum 3,6 kilometer per jam. Permukaan bulan yang kasar, tentu akan menjadi tantangan kendaraan tersebut.

Nantinya, kendaraan itu akan dilengkapi dua kamera stereoskopik serta satu kamera saintifik yang bertugas menganalisa material.

Audi TTS.

Audi TTS Siap Goda Orang Kaya Indonesia

Mobil dijual dengan harga Rp1,8 miliar.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016