Supercar Honda Jadi Pengawal Resmi Para 'Pendaki Gunung'

Honda NSX yang digunakan sebagai pace car di Pikes Peak.
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id - Setiap tahun, ribuan orang berbondong-bondong datang ke sebuah area di kaki Pegunungan Rocky Mountains, Amerika Serikat. Kedatangan mereka  untuk menyaksikan ajang balap paling menegangkan di dunia, Pikes Peak International Hill Climb.

Ini Mobil yang Cocok Diisi Pertamax Turbo

Dilansir dari Autoblog, jumat 26 Juni 2015, lomba balap Pikes Peak sedikit berbeda dengan balapan pada umumnya. Perbedaan ada pada jalur lintasan yang dilalui, dimana para pebalap memacu mobil dari kaki gunung menuju puncak.

Pikes Peak pertama kali diadakan pada 1916 silam. Jalur yang digunakan memiliki panjang sekitar 20 kilometer, terdiri dari 156 tikungan dan menanjak dengan sudut rata-rata 7,2 derajat.

Porsche Rongsok Ini Dijual Rp2,5 Miliar

Titik awal balapan dimulai pada jalan umum yang melintas di kaki gunung. Ketinggian antara titik awal dengan titik akhir lintasan adalah 1.440 meter. Balapan ini dianggap sebagai salah satu balapan paling bergengsi, karena produsen kendaraan bisa memamerkan kemampuan penuh mobil mereka.

Tahun ini, Honda mendapat kehormatan untuk memimpin balapan, yang sedianya akan dilangsungkan akhir pekan ini waktu setempat. Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan, Honda memboyong supercar terbaru mereka, NSX, yang baru saja dipamerkan beberapa waktu lalu.

Begini Jadinya Jika Negara Kaya Bikin Supercar

Bertugas sebagai pace car atau pengawal jalannya lomba, NSX akan berada di urutan paling depan, memandu mobil-mobil balap lain melintasi sirkuit. Kehadiran pace car diperlukan di setiap perlombaan, untuk memeriksa kondisi sirkuit sekaligus memastikan bahwa semua mobil peserta lomba siap bertanding.

Sekadar informasi, NSX anyar ini mengusung mesin enam silinder berkapasitas 3.500cc. Sama seperti generasi sebelumnya, mesin ini diletakkan di bagian tengah mobil dan dipasang serendah mungkin.

Selain mesin konvensional, NSX juga dilengkapi dengan tiga motor listrik. Motor pertama terpasang pada roda belakang dan berfungsi menambah akselerasi mobil. Sedangkan dua motor lainnya terpasang pada roda depan untuk membantu mobil tetap melaju di tikungan.

Dengan kombinasi mesin bensin dan motor listrik, tenaga yang dihasilkan NSX mencapai 550 daya kuda. Harga mobil diperkirakan mencapai US$130 ribu, atau setara dengan Rp1,69 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya