Ini 'Range Rover' Buatan China, Lebih Mewah & Lebih Murah

Landwind X7
Sumber :
  • Carscoops
VIVA.co.id
Mobil SUV Tercepat Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya
- Peluncuran mobil buatan China hasil jiplakan Range Rover Evoque, Landwind X7, rupanya mundur dari rencana. Sebelumnya, mobil yang dibuat oleh Jiangling Motor dan Changan Auto ini dijadwalkan bakal mengaspal Juni. Kabar terbaru menyebutkan jika peluncuran molor menjadi Agustus 2015.

Lima Mobil yang Memiliki Pelanggan Setia

Dilansir
Kapolda: Sopir Range Rover Mau Serahkan Diri atau Ditangkap?
CarnewsChina , Kamis 2 Juli 2015, meski menyebut akan diluncurkan Agustus mendatang, pabrikan tidak mengatakan tanggal pasti lakon debut ditempuh. Pengumuman dikatakan baru akan disiarkan bulan ini.

Landwind X7 belakangan memang santer dibicarakan publik. Sebab, mobil rasa Range Rover "KW" ini hadir dengan harga yang jauh lebih murah dari Evoque sungguhan. Ya, harga Landwind dijual seperempat lebih murah dari Evoque.


landwind x7-china-2a


Jika melihat wujudnya, Landwind lebih bagus dari Evoque. Sebut saja, layar infotainment yang lebih besar, dan jok kulit berkelir cokelat yang lebih mewah dari Evoque sungguhan. Ada pula tombol sentral di sebelah ventilasi udara.


landwind x7-china-2b


landwind x7-china-3


Namun, jika dipertanyakan kualitasnya, sudah pasti barang buatan Tiongkok jauh "lebih buruk" ketimbang Range Rover aslinya. Hal itu banyak disuarakan sejumlah pakar otomotif. Artinya, sesuai dengan harga yang ditawarkannya.


landwind x7-china-5


Landwind X7 dijejali mesin bensin Mitsubishi berkapasitas 2.0 liter turbocharged empat silinder dengan tenaga 190
horse power
dan torsi 250 Nm. Mesin itu kemudian dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan atau varian delapan percepatan otomatis.


Digugat Range Rover

Kemunculan Landwind X7 bukan tanpa tentangan. Karena dianggap menjiplak, pabrikan yang membuatnya mendapat tuntutan dari Jaguar-Land Rover (JLR). Kasus ini masih bergulir, dan pihak JLR menempuh ke meja hijau.


Jaguar Land Rover chief executive Dr Ralf Speth, pictured with Business Secretary Vince Cable 


Menurut
Chief Executive Officer
(CEO) Land Rover, Dr. Ralf Speth, aksi tiru tersebut tentu membuat pihaknya dongkol, karena sangat merugikan. Padahal, Land Rover telah melakukan investasi besar-besaran bersama Chery untuk menancapkan kuku bisnisnya di sana.


"Fakta tiruan yang sedang berlangsung di Tiongkok itu sangat mengecewakan kami. Prinsip sederhana adalah bahwa hal itu bukan sesuatu yang harus terjadi. Kekayaan Intelektual yang dimiliki model itu (Range Rover Evoque) adalah milik Jaguar Land Rover. Jika mereka memutuskan untuk meniru, telah melanggar peraturan internasional yang berlaku di seluruh dunia," kata Speth kepada
Autocar
seperti dilansir
Carscoops
.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya