FOTO: Toyota Hadirkan Pesaing Honda Freed

Toyota Sienta
Sumber :
  • Rushlane

VIVA.co.id - Sejak pertama kali diluncurkan pada 2008 silam, keberadaan Honda Freed bisa dibilang cukup diminati konsumen. Hal ini dikarenakan konsep yang diusung sedikit unik, yakni small Multi Purpose Vehicle (MPV) yang dilengkapi dengan sliding doors.

Toyota Yaris Heykers Dirancang oleh Anak Bangsa

Namun hal ini tidak dibiarkan begitu saja oleh salah satu pesaingnya, yakni Toyota. Dilansir dari Rushlane, Senin, 13 Juli 2015, Toyota baru saja meluncurkan Sienta, mobil MPV yang memiliki desain mirip dengan Freed.

Bagian depan Sienta sangat mirip dengan desain Yaris, sedan hatchback Toyota yang cukup sukses penjualannya di Indonesia. Sementara pintu samping, sama seperti Freed, sudah menganut sistem pintu geser yang dapat dibuka tutup dengan hanya menekan tombol.

Uji Keamanan Yaris Heykers Sesuai Standar Jepang

Karena konsepnya adalah MPV, maka kabin mobil dirancang agar dapat menampung bangku hingga tiga baris. Bangku baris ketiga dibuat sedikit lebih tinggi, agar penumpang dapat melihat situasi depan dengan lebih nyaman.

Toyota juga tidak lupa melengkapi Sienta dengan berbagai fitur keamanan, seperti rem otomatis yang bekerja dengan bantuan sensor kamera dan laser. Dasbor dibuat minimalis dan ergonomis, dimana semua tombol diletakkan di bagian bawah dasbor agar mudah dijangkau.

Toyota Luncurkan Etios, Model Paling Gres

Sienta ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yakni 1.500cc biasa dan hibrida. Mesin konvensional dapat menghasilkan tenaga hingga 107 daya kuda. Sementara mesin bensin pada tipe hibrida hanya mampu mengeluarkan tenaga 74 daya kuda, namun masih dibantu dengan motor listrik.

Konsumsi bahan bakar mesin hibrida mampu menyentuh angka satu liter tiap 27 kilometer, sementara mesin konvensional hanya 20 kilometer tiap satu liter bahan bakar. Sienta hanya dijual untuk pasar Jepang saja, dengan banderol mulai dari 1,689,709 yen Jepang, atau setara dengan Rp184,5 juta.

Toyota Sienta

Toyota Sienta

Interior Toyota Sienta

Toyota Sienta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya