Siap Meluncur, Apa yang Berubah dari Ertiga Terbaru?

Mobil Keluarga Murah di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Mobil keluarga Suzuki Ertiga edisi terbaru rencananya dalam waktu dekat akan diperkenalkan di Indonesia. Langkah ini diambil Suzuki karena kepungan kompetitor yang juga telah dan siap menghadirkan berbagai model terbaru.

Menurut salah seorang sumber Suzuki, Ertiga minor change atau perubahan ringan dimungkinkan akan hadir di Indonesia pada Agustus mendatang. Lakon debut sedianya akan dilakukan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar di BSD, Serpong, Tangerang Selatan, 20-30 Agustus 2015 mendatang.

Dilansir situs otomotif Tanah Hindustan, Indianautosblog, Senin, 13 Juli 2015, jelang peluncuran, banyak pihak yang telah memata-matai model penyegaran itu di Indonesia. Sejumlah spyshot bahkan telah ramai bertebaran di jagad maya. Beberapa rendering pun juga muncul untuk melihat seberapa menarik Ertiga terbaru dengan perubahan ringan ini.

Mobil Crossover Baru Suzuki Terpajang Rapi di GIIAS 2016

Maruti Ertiga facelift rendering IAB

Dilaporkan, perubahan yang akan dialaminya yakni tiga bilah chrome di sektor grille, rumah fog lamp yang direvisi dengan unsur chrome, serta warna cat eksterior dan desain velg-nya yang berubah.

Mesinnya masih akan memakai mesin BBT bensin 1.4 liter K-Series yang dapat menghasilkan tenaga 95 PS dan torsi 130 Nm. Mesin ini dipasangkan transmisi pilihan manual lima percepatan dan otomatis empat-percepatan.

Transmisi bisa manual-bisa otomatis yang telah dibekali pada Wagon R dikabarkan juga akan dilakukan sebagai pengembangan Suzuki untuk pada tahap selanjutnya.

Maruti Ertiga Limited Edition live image cabin

Di bagian interior, sepertinya masih identik denganĀ  model sebelumnya, meskipun kabarnya Suzuki akan menambahkan sistem infotainment SmartPlay sebagai perlengkapan opsional.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Davy J Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT SIS menyatakan jika Suzuki akan datang dengan puluhan mobil di acara GIIAS 2015.

"Ada sekitar 27 atau 28 mobil yang akan dipamerkan (di GIIAS 2015), termasuk model baru," kata Davy. Namun ketika dikonfirmasi apakah di antaranya termasuk Ertiga terbaru, Davy tak mau berkomentar. "Sorry, masih belum bisa diinformasikan."

Sebagai catatan, Suzuki Ertiga, mobil keluarga dengan kapasitas tujuh-delapan penumpang, merupakan produk andalan Suzuki di Indonesia. Mobil ini diproduksi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dan pertama kali mencari peruntungan di Tanah Air pada 2012 lalu.

Penjualan Ertiga secara wholesale (pabrik ke diler) di pasar nasional memang tergolong stabil tiap bulannya, yakni 2.500 unit. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) juga menyebutkan, sepanjang Januari-April 2015, Ertiga menorehkan penjualan 10.359 unit.

Kebuasan Mobil yang Ditunggu-tunggu Tahun Ini
Mobil kejutan Jimny di GIIAS 2016

Mobil Kejutan dari Suzuki, Apakah Sang Legenda Jimny?

Mobil ini masih terselubung tirai.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016