Mesin Grand New Veloz Bakal Adopsi 'Start-stop'?

Toyota Grand New Veloz.
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA.co.id - Meski PT Toyota Astra Motor (TAM) baru akan meluncurkan secara resmi generasi terbaru dari Multi Purpose Vehicle (MPV) Avanza Veloz tiga minggu lagi, namun informasi mengenai spesifikasinya sudah mulai banyak beredar di dunia maya.

Setahun, Toyota Luncurkan Tiga Mobil Terbaru di Indonesia

Menurut info terbaru yang dilansir dari Paultan, Kamis 30 Juli 2015, Toyota akan menghadirkan dua model Avanza, yakni Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Perbedaan keduanya adalah pada mesin yang digunakan, Avanza memakai mesin berkapasitas 1.500cc, sementara Veloz 1.300cc.

Untuk Veloz, jika sebelumnya menggunakan mesin dengan kode 3SZ-VE, sama seperti Avanza lawas, maka pada versi baru akan memakai mesin dengan kode 1NR-FE. Dengan kapasitas yang lebih kecil, otomatis tenaga yang dihasilkan mesin juga lebih rendah, yakni dari 103 daya kuda menjadi 99 daya kuda.

20 Mobil Terlaris di Indonesia Jelang Tutup Tahun

Meski demikian, mesin baru ini sudah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence), yang mampu mengatur durasi bukaan katup masuk dan buang mesin. Dengan fitur ini, pemakaian bahan bakar otomatis menjadi sedikit lebih irit.

Ada hal menarik pada mesin yang juga digunakan untuk Toyota Yaris edisi Eropa ini, yaitu hadirnya fitur start-stop. Fitur ini memungkinkan mesin untuk menghemat bahan bakar dengan cara mematikan mesin saat mobil berhenti.

Ini Kata Konsumen Soal Avanza Terbaru

Fitur akan aktif bila transmisi ada di posisi netral dan kaki pengemudi tidak menginjak pedal kopling. Saat pengemudi menginjak kopling, maka mesin akan otomatis nyala dan siap untuk digunakan. Sayangnya belum diketahui, apakah fitur ini juga akan disematkan pada Grand New Veloz atau tidak.

Perbandingan kompresi mesin 1NR-FE yang angkanya 11,5:1 juga mengharuskan mesin mengonsumsi bahan bakar dengan angka Research Octane Number (RON) minimum 95. Hal ini tentu saja akan memberatkan sebagian konsumen di Indonesia, sehingga ada kemungkinan pihak Toyota akan mengubah perbandingan kompresi agar lebih bersahabat dengan bahan bakar yang terjangkau harganya.

Grand New Avanza 2015. Ilustrasi.

Diuji Tabrak, Ini Nilai Buat Avanza Terbaru

Uji tabrak dilakukan ASEAN NCAP.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2016