Arti Nama Avanza-Xenia yang Tak Diketahui Banyak Orang

Mobil Keluarga Murah di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Toyota Avanza merupakan mobil dengan angka penjualan yang paling laris di Tanah Air. Sejak diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada 2003 silam, mobil bergenre Low MPV (Multi Purpose Vehicle) ini terus mendapat perhatian masyarakat hingga menjadi kendaraan fenomenal.

Toyota, bahkan mengklaim, terhitung pada April 2015, populasi Avanza di Indonesia telah mencapai 1.308.183 unit.

Calya Punya Potensi 'Makan' Pasar Kakak Kandungnya

Saat itu, dalam kesempatan wawancara VIVA.co.id, General Manager (GM) Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM), Widyawati Soedigdo, bahkan berkelakar jika angka itu mungkin sudah mampu membentuk negara sendiri. Lantas, apa sebenarnya arti nama dari Avanza?

Berdasarkan data yang diolah dari berbagai sumber, Avanza merupakan sebuah kata yang berasal dari Negeri Pizza, Italia. Di sana, kata ini dikenal dengan sebutan 'Avazanto' yang berarti 'kemajuan' atau 'peningkatan'.

Artinya, mobil berpenggerak roda belakang ini diharapkan dapat membawa kemajuan dan peningkatan bagi perusahaan saat melakoni debutnya dalam mencari peruntungan.

Diketahui, pada 2011 silam, PT TAM kemudian menghadirkan keluarga baru dari Avanza, yakni Veloz. Veloz merupakan catutan dari bahasa Inggris, yang diambil dari kata 'Velocity' yang berarti 'kecepatan'.

Sementara itu, saudara kembarnya Xenia, berasal dari akar bahasa Yunani, "Xenos" yang berarti 'tamu' atau 'orang asing'. (asp)

Daftar 5 Merek Mobil Paling Laris, Toyota Menjauh
Avanza keluaran 2012

Avanza-Xenia Keluaran 2012 Paling Banyak Diburu, Kenapa?

Meski banyak mobil dengan harga sama, pembeli memilih itu.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016