'Menyiksa' Mesin Baru Grand New Avanza di Cirebon

Uji performa Avanza ke Cirebon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id - Sehari setelah peluncuran Grand New Avanza dan Grand New Veloz, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengajak sejumlah jurnalis untuk menjajal performa serta kenyamanan mobil dengan segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut.

Berawal dari titik kawasan Gatot Subroto, Jakarta, enam unit Grand New Avanza dan Grand New Veloz diuji sampai Cirebon.

Setahun, Toyota Luncurkan Tiga Mobil Terbaru di Indonesia

Berhenti di lima titik, model terbaru mobil sejuta umat ini cukup menyita perhatian pengguna jalan. Bagaimana tidak, selang sehari resmi diluncurkan, dua model ini dikabarkan telah menerima SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) hingga 1.200 unit.

“Jarak yang kita tempuh itu sekira 250 kilometer dari mulai titik start sampai dengan Cirebon,” ujar Public Relation (PR) Manager PT TAM, Rouli Sijabat, Kamis 13 Agustus 2015.

Melalui lima titik pemberhentian dan melewati Tol Cikopo – Palimanan (Cipali), ketangguhan mobil ini diuji dari segi performa mesin terbaru dan kenyamanan fitur yang disematkan pada mobil.

“Dalam model terbaru ini terdapat banyak fitur baru serta adanya mesin berteknologi dual VVT-i seri NR, silakan dicoba performa mesin dan kenyamanan dalam berkendara dengan mobil ini sampai dengan Cirebon,” tambahnya.

Pada segmen 1.3 L, Grand New Avanza dan Grand New Veloz didukung dengan mesin NR yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 96,5 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Angka ini lebih tinggi ketimbang pendahulunya dengan mesin K3 yang hanya menghasilkan tenaga maksimum 92 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Mesin 1NR mampu mencapai torsi maksimum 12,3 kgm pada 4.200 rpm, dibandingkan torsi mesin K3 11,9 kgm pada 4.400 rpm.

Sedangkan di segmen 1.5 L, Grand New Avanza dan Grand New Veloz menggunakan mesin 2NR menggantikan mesin 3SZ yang digunakan model sebelumnya.

Meski dalam hal tenaga (power) maksimum tidak ada perubahan yaitu 96,5 PS pada putaran mesin (rpm) 6.000, mesin 2NR mempunyai torsi yang lebih baik karena mampu mencapai puncaknya 13,9 kgm pada rpm 4.200 dibanding 3SZ yang mencapai torsi maksimum pada rpm 4.400. (ren)

20 Mobil Terlaris di Indonesia Jelang Tutup Tahun
Grand New Avanza 2015. Ilustrasi.

Diuji Tabrak, Ini Nilai Buat Avanza Terbaru

Uji tabrak dilakukan ASEAN NCAP.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2016