Bukti Avanza Masih Jadi 'Raja' di Indonesia

Toyota Grand New Avanza.
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor

VIVA.co.id - Mobil sejuta umat Avanza hingga kini masih menempati posisi teratas dalam hal penjualan di segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) di Tanah Air.

Calya Punya Potensi 'Makan' Pasar Kakak Kandungnya

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesie (Gaikindo), gelar 'raja' masih disematnya, mengalahkan 12 produk low MPV lainnya.

PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan, kekuatan pasar mobil ini hampir merata di seluruh wilayah pemasaran di Indonesia, dengan market share berkisar pada rentang 42 persen sampai 66,3 persen.

“Kami bersyukur, data kinerja penjualan menunjukkan bahwa Avanza dan Veloz diterima dengan sangat baik di seluruh Indonesia. Kami optimis, dengan penampilan yang lebih berkelas, Grand New Avanza dan Grand New Veloz kian mendapat tempat di hati pelanggan di seluruh pelosok tanah air,” ujar Marketing Director PT TAM, Rahmat Samulo, Jumat 14 Agustus 2015.

Pangsa pasar terbesar di segmen low MPV, berada di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Pada semester I-2015, penjualan di kedua daerah ini mencapai 74.292 unit, atau sekitar 47,45 persen dari total penjualan low MPV secara nasional sebesar 156.567 unit.

Toyota Avanza memimpin penjualan di kedua wilayah ini, dengan angka 34.960 unit, atau dengan pangsa pasar 47,1 persen yang berasal dari penjualan di DKI Jakarta, sebanyak 14.935 unit dengan pangsa pasar 49,3 persen, dan Jawa Barat 20.025 unit dengan market share 45,5 persen.

Di wilayah Jawa yang lain, seperti Jawa Tengah, penjualan Avanza tercatat 5.888 unit dengan market share 43,8 persen, Jawa Timur 8.765 unit dengan market share 42 persen.

Untuk luar Pulau Jawa, penjualan terbesar berasal dari wilayah Sumatera 14.073 unit dengan market share 57,1 persen, Kalimantan 4.396 unit dengan pangsa pasar 57 persen, Bali 2.425 dengan pangsa pasar 48,3 persen, Nusa Tenggara 648 dengan market share 53,6 persen, Sulawesi 4.070 dengan pangsa pasar 51,3 persen, Indonesia Timur 957 unit dengan market share 66,3 persen.

“Di hampir semua wilayah luar Jawa, pangsa pasar Toyota Avanza berada di atas 50 persen. Ini memberikan gambaran bahwa mobil ini lebih mampu diandalkan untuk melintasi di kawasan yang kualitas infrastrukturnya masih terbatas,” ujarnya. (asp)

Avanza keluaran 2012

Avanza-Xenia Keluaran 2012 Paling Banyak Diburu, Kenapa?

Meski banyak mobil dengan harga sama, pembeli memilih itu.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016