Tahu Mobilnya Rawan Diretas, VW Pilih Sembunyikan Fakta

Sumber :
  • Jalopnik

VIVA.co.id - Mahalnya harga mobil, membuat banyak pemilik kendaraan yang memilih untuk menginvestasikan dana lebih pada perangkat keamanan. Saat ini, bahkan pihak produsen mobil melengkapi beberapa tipe unit yang dijual dengan sistem pengaman berbasis teknologi canggih.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Namun, seperti semua perangkat yang berbasis komponen elektronik, sistem pengaman mobil juga memiliki kelemahan, meski untuk menemukannya butuh waktu yang cukup lama. Contohnya, sistem immobilizer yang banyak dipasang pada mobil-mobil seharga Rp250 juta ke atas.

Dilansir dari Paultan, Selasa 18 Agustus 2015, saat ini dunia otomotif digemparkan dengan aksi beberapa orang peretas (hacker) yang berhasil membobol sistem keamanan mobil berbasis immobilizer.

Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam

Uniknya, temuan ini sebenarnya telah mereka laporkan pada pembuat sistem pengaman dan Volkswagen (VW) selaku produsen mobil yang menggunakan sistem tersebut dua tahun lalu.

Namun, sayangnya VW memilih untuk menyembunyikan fakta ini, dengan alasan tidak ingin para pencuri mobil mengetahui fakta tersebut. VW, bahkan meminta izin pengadilan Inggris, untuk menahan informasi tersebut, dan permohonan tersebut dikabulkan.

Jok Khusus Penyandang Disabilitas Ini Seharga Mobil

Menurut VW, semua produk yang mereka jual, baik yang terdahulu maupun saat ini, dirasa masih cukup aman dan tidak bisa diakses oleh mereka yang tidak berhak.  (asp)

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016