Toyota Agya Bakal Pakai Mesin Baru Dual VVT-i?

Toyota Agya.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Toyota Pamer Mobil Masa Depan di GIIAS 2016
- PT Toyota Astra Motor (TAM) memang telah meluncurkan model terbaru dari mobil sejuta umatnya, Grand New Avanza di Indonesia. Meski disebut hanya ubahan ringan atau
facelift
Mobil 'Alien' Toyota Siap Hebohkan Pameran GIIAS 2016
, namun menariknya, mobil tersebut juga telah mengusung mesin dua VVT-i.
Sienta Mengaspal, Bagaimana Nasib Toyota NAV1?

Dengan Dual VVT-i, maka Toyota mengklaim penerapan teknologi ini berimbas pada efisiensi dalam penggunaan bahan bakar, tapi tetap ramah lingkungan.


Lalu timbul pertanyaan, apakah setelah diterapkannya mesin Dual VVT-i ke Grand New Avanza, Toyota juga akan mematenkan pada mobil lainnya seperti Rush ataupun Agya?


Division Head Technical Service Division
PT TAM, Dadi Hendriadi, angkat bicara. Menurut Dadi, tidak menutup kemungkinan beberapa produk Toyota akan diterapkan Dual VVT-i.


"Kalau itu (Rush) mungkin saja, tapi kapannya belum tahu dan lain-lainnya," kata Dadi saat ditemui di booth Toyota di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, ICE, BSD City, Tangerang, Rabu 26 Agustus 2015.


Dadi menyatakan, penggunaan mesin atau hal lainnya dari produk Toyota ke produk lain bukan tidak mungkin. Karena itu juga dilakukan antara Avanza dengan Rush dan Rush dengan Veloz.


Saat disinggung mesin Dual VVT-i untuk Agya, Dadi menyatakan bahwa hal itu perlu dipertimbangkan lebih jauh. Sebab, tentu saja penggunaan Dual VVT-i akan berpengaruh terhadap besaran harga Agya.


"Karena Agya itu untuk pasar mobil terjangkau (LCGC/
Low Cost Green Car
). Jadi nanti akan ada perubahan harga. Tapi sebetulnya pakai mesin sekarang, akselerasinya sudah pas, dan Toyota akan meningkatkannya," ungkap Dadi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya