Unik, Mobil Mercy Ini Bisa Memanjang Sendiri

Mercedes-Benz Concept IAA.
Sumber :
  • Dok: Mercedes-Benz

VIVA.co.id - Mobil konsep yang dihadirkan pabrikan otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz, dalam pagelaran otomotif Frankfurt Auto Show 2015, cukup menarik perhatian.

Mercedes-Benz Indonesia Tertarik Pasarkan Pikap

Bagaimana tidak, mobil yang memiliki nama Concept IAA (Intelligence Aerodynamic Automobile) ini memiliki desain layaknya mobil masa depan, seperti dilansir dari Paultan, Selasa, 15 September 2015.

Concept IAA merupakan mobil empat pintu yang mengutamakan desain aerodinamika yang canggih. Sebelum diperkenalkan, teaser untuk mobil konsep ini telah muncul terlebih dahulu, dan cukup mencuri banyak perhatian, karena dinilai memiliki bentuk yang cukup unik.

GIIAS 2016 Dimeriahkan dengan Dua Mobil Konsep Lexus

Sesuai dengan tampilannya yang seolah datang dari masa depan, mobil ini tetap sarat akan fitur kemewahan. Hal tersebut terlihat dari interior mobil yang desainnya mirip dengan mobil otonom konsep Mercedes-Benz, F 105.

Keunikan lain dari mobil ini adalah kemampuan untuk menambah panjang dimensi secara otomatis. Dalam kondisi standar, mobil ini panjangnya lima meter dan memiliki nilai koefisiensi tahanan (Coefficient of drag atau Cd) 0,25.

Mercedes-Benz Boyong Tujuh Mobil Baru ke GIIAS 2016

Namun saat sebuah tombol ditekan atau mobil melaju dengan kecepatan lebih dari 80 kilometer per jam, beberapa bagian bodi seperti bemper depan dan belakang akan memanjang secara otomatis, sehingga panjang total mobil menjadi 5,4 meter.

Selain bertambah panjang, nilai Cd mobil juga makin menurun, menjadi hanya 0,19 saja. Artinya, mobil akan dapat membelah angin dengan lebih sempurna, sehingga tahanan angin menjadi berkurang dan bahan bakar bisa lebih irit.

Untuk dapur pacu, mobil ini didukung oleh mesin berbahan bakar bensin dan motor listrik, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 275 daya kuda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya