Akselerasi Mobil Hatchback Ini Samai Ferrari F355

Ford Focus RS.
Sumber :
  • Dok: Ford

VIVA.co.id - Meski bukan menjadi salah satu yang menjadi pusat perhatian pengunjung Frankfurt Auto Show 2015, namun kehadiran Focus RS di stan Ford tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pemerintah: Ford Enggak Bisa Seenak Jidatnya

Dilansir dari Paultan, Kamis, 17 September 2015, dalam gelaran tahunan terbesar di dunia yang kini mencapai usia ke 66 ini, Focus RS menjadi salah satu andalan Ford. Dibekali dengan mesin berkapasitas 2.300cc dengan teknologi EcoBoost, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 345 daya kuda.

Torsi mesin diklaim mencapai 440 Newton meter (Nm) pada putaran mesin 2.000-4.500 rotation per minute (RPM). Namun, jika pedal gas diinjak dalam-dalam, maka torsi yang tersedia melonjak menjadi 470 Nm selama 15 detik.

Ford Hengkang dari RI, Ini Komentar Menteri Keuangan

Focus RS juga dilengkapi dengan fitur launch control, yang berfungsi untuk memaksimalkan akselerasi mobil. Cara penggunaannya cukup mudah. Pengemudi hanya perlu mengaktifkan tombol launch control yang tersedia di konsol, memindahkan tuas transmisi ke posisi 1, injak pedal gas dalam-dalam, dan langsung melepas kopling.

Mobil akan langsung melejit dari kondisi diam hingga mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu 4,7 detik. Catatan waktu ini menyamai catatan waktu akselerasi Ferrari F355 Berlinetta.

Tumbangnya Raksasa Otomotif Amerika di Indonesia

Agar ban tidak kehilangan traksi, Ford melengkapi mobil yang dijual dengan harga mulai dari US$36.600, atau setara dengan Rp502 juta, ini dengan penggerak empat roda. Sistem komputer akan secara otomatis mengatur torsi di setiap roda, baik depan belakang maupun kiri kanan.

(mus)

Ford hengkang dari Indonesia pada Rabu 10 Februari 2016.

Ford PHK Karyawannya di Eropa Agar Berhemat US$200 Juta

Ford melakukan efisiensi untuk memulihkan keuangan yang merugi.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2016